Benarkah Bawang Putih Dapat Membantu Mencegah Flu? Berikut Penjelasannya

Benarkah Bawang Putih dapat Membantu Mencegah Flu? Berikut Penjelasannya

Benarkah Bawang Putih dapat Membantu Mencegah Flu? Berikut Penjelasannya

acepherbal.com – Memasak dengan menggunakan bawang putih, mengonsumsinya dalam keadaan mentah dan mengonsumsi suplemen bawang putih sudah menjadi pengobatan utama untuk mengatasi flu.

Penelitian menunjukan bahwa orang dewasa baisanya mengalami flu 2-4x dalam setahun, sementara anak-anak dapat mengalami flu 6-8x per tahunnya. Menurut Linus Pauling Institute, bawang putih merupakan suplemen herbal terbaik di Amerika Serikat.

Benarkah Bawang Putih Dapat Membantu Mencegah Flu? Berikut Penjelasannya

Menurut National Institutes of Health (NIH), tidak ada cukup bukti untuk menentukan apakah bawang putih benar-benar dapat mencegah flu atau tidak. Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa bawang putih sangatlah baik untuk kesehatan.

Pada tinjauan tahun 2014 yang melibatkan penelitian menunjukan bahwa partisipan yang mengonsumsi bawang putih setiap hari mengalami penurunan kondisi flu daripada mereka yang mengonsumsi plasebo.

Para ahli menggunakan aged garlic extract (AGE) pada studi lainnya, yang menjelaskan efek bawang putih terhadap sistem imun.

Penulis tersebut mencatat bahwa partisipan yang mengonsumsi AGE dilaporkan mengalami penurunan gejala flu yang parah. Hasil ini menunjukan bahwa mengonsumsi AGE dapat membantu mengurangi peradangan.

Kemungkinan hal ini didukung oleh kaitan langsung antara salah satu kandungan bawang putih terutama allicin yang bertugas memberikan bau khas pada bawang putih. Selain itu allicin ini diketahui dapat membantu melawan berbagai jenis bakteri, virus dan jamur.

Umumnya bawang putih aman untuk dikonsumsi banyak orang, kecuali mereka yang memiliki alergi. Untuk orang-orang yang alergi, mengonsumsi bawang putih ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di perut atau mereka yang tidak menyukai rasa atau baunya yang dapat memberi bau tidak sedap.

Bawang putih tidak disarankan untuk diaplikasikan ke kulit secara langsung karena dapat menyebabkan sensasi terbakar dan iritasi.

Cara Menggunakan Bawang Putih untuk Mencegah Flu

Anda tentunya menaruh harapan besar pada bawang putih untuk digunakan sebagai alternatif pencegahan flu. Nah berikut adalah cara yang disarankan untuk menggunakan bawang putih sebagai pengobatan:

  • Mengonsumsi atau mengunyah bawang putih secara langsung
  • Mengonsumsi bawang putih dalam bentuk kapsul atau tablet
  • Memasak menggunakan bawang putih
  • Menggunakan bawang putih bubuk

Pengobatan Lainnya untuk Meredakan Flu

Meskipun tidak semua pengobatan ini menjadi pengobatan utama untuk flu, namun ada yang hal-hal yang membuktikan keefektifan dari pengobatan ini diantaranya:

  • Seng, menurut National Center for Complementary and Integrative Health, seng dapat membantu meredakan flu jika dikonsumsi dalam 24 jam ketika Anda merasakan sakit.
  • Vitamin C, meskipun buktinya masih terbatas, namun beberapa penelitian menjelaskan bawah mengonsumsi setidaknya 1 gram vitamin C sehari dapat mencegah atau mengurangi durasi flu. Penelitian lainnya masih memperdebatkan hal tersebut, akan tetapi vitamin C masih aman dikonsumsi dan baik untuk fungsi tubuh.
  • Echinacea, atau juga dikenal sebagai coneflower, echinacea dapat membantu mencegah flu. Penelitian menunjukan hasil yang bervariasi mengenai keefektifannya.
  • Probiotik, meskipun hingga saat ini data yang diperoleh tidak komperhensif, namun salah satu penelitian menunjukan bahwa probiotik efektif untuk mencegah infeksi serius di saluran pernapasan.
  • Cuci hidung atau irigasi hidung, membersihkan saluran napas dapat memberikan rasa lega dan dapat mencegah beberapa infeksi. Sangat penting untuk menggunakan prosedur yang aman dan air yang bersih.
  • Madu, dipercaya dapat mengurangi batuk pada anak-anak dan membuatnya tidur lebih nyenyak. Namun madu ini tidak disarankan untuk diberikan pada anak yang berusia di bawah 1 tahun.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah flu, menurut para ahli profesional adalah rajin mencuci tangan. Tinggal dirumah juga dapat mencegah penyebaran infeksi juga penuhi asupan cairan dan istirahat yang cukup dapat membantu mempercepat penyembuhan.

Meskipun banyak sekali orang-orang yang menggunakan bawang putih sebagai pengobatan rumahan untuk flu, namun bukti yang diperoleh saat ini masih belum efektif untuk mengonfirmasi peran bawang putih ini.

Anda dapat mencoba bawang putih mentah, menkombinasikannya dengan masakan atau mengonsumsi suplemen bawang putih untuk meredakan gejala flu dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Tentunya, agar ingin cepat sembuh Anda harus beristirahat dengan cukup dan memenuhi asupan cairan.

source: https://www.medicalnewstoday.com/articles/garlic-for-colds

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!