8 Jenis Buah yang Rendah Gula

8 Jenis Buah yang Rendah Gula

8 Jenis Buah yang Rendah Gula

acepherbal.com – Semua jenis buah diketahui mengandung gula, meskipun beberapa jenis diantaranya memiliki kandungan gula ang lebih tinggi dari yang lainnya.

Orang-orang mengontrol asupan gula akan mengurangi makanan manis, minuman bersoda atau pun snack lainnya, namun tidak pernah memikirkan untuk mengurangi asupan buah. Buah rendah gula mengandung serat, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh.

8 Jenis Buah yang Rendah Gula

Beberapa jenis buah rendah gula ini diantaranya:

  • Stroberi

Stroberi, seperti halnya jenis buah beri lainnya tinggi akan serat dan mengandung sedikit gula. Sekitar terdapat 8 gram gula dalam 8 buah stroberi berukuran sedang juga tinggi akan vitamin C.

  • Persik

Meskipun memiliki rasa yang manis, pada satu buah persik berukuran sedang mengandung sekitar 13 gram gula.

  • Blackberry

Seperti blackberry, buah beri enis ini uga mengandung sekitar 4 dan 5 gram gula, 5,3 gram serat dan 1.39 gram protein dalam 100 gram buah blackberry.

  • Lemon dan Jeruk Nipis

Tidak banyak orang yang mengonsumsi lemon atau pun jeruk nipis sebagai cemilan. Namun, setiap buah lemon atau jeruk mengandung gula tidak lebih dari 2 gram namun mengandung vitamin C yang tinggi sehingga sangat baik untuk menu diet.

Orang-orang dapat melarutkan lemon atau air pada air soda untuk menjadi minuman pengganti minuman bersoda. Selain pada minuman lemon ini juga bisa menjadi pelengkap pada salad.

  • Melon

Melo menadi camilan favorit terutama ketika cuaca panas, seiris buah melon mengandung sekitar 11 gram gula yang dapat dicerna dengan mudah. Melon juga mengandung kalium, vitamin C dan zat besi.

  • Jeruk

Satu buah jeruk ukuran sedang memiliki sekiar 14 gram gula yang dapat di cerna dan juga tinggi akan sumber vitamin C.

Jus jeruk dan jus buah lainnya boasanya mengandung gula tambahan. Jika seseorang ingin mengurangi asupan gula, biasakan untuk mengonsumsi buahnya langsung dan tidak dalam bentuk jus yang dijual bebas di pasaran.

  • Buah Sitrus

Buah sitrus merupakan buah yang rendah gula dan baik untuk sarapan. Setengah buah citrus mengandung sekitar 11 gram gula. Jika seseorang buah sitrus yang dikonsumsi memiliki rasa yang tajam, bisa menambahkan madu atau stevia.

  • Alpukat

Alpukat sangat rendah gula dan merupaka sumber serat dan lemak sehat.

Terlepas dari kadar gulanya, buah tetap menjadi bagian penting untuk mendapatkan asupan makanan seimbang. Manfaat yang Anda dapatkan jika mengonsumsi buah secara rutin diantaranya:

  • Menurunkan dan  menjaga berat badan
  • Mendapatkan vitamin, mineral dan serat yang penting untuk tubuh
  • Mengurangi resiko kanker dan penyakit lainnya

Faktnya, American Cancer Society merekomendasikan seseriang untuk mengonsumsi sekitar 2 setengah cangkir buah dan sayuran setiap hari.

Seseorang dapat memenuhi asupan buah-buahan termasuk bah rendah gula setiap kali makan. Berikut waktu yang disarankan untuk mengonsumsi buah diantaranya:

Sarapan

Orang-orang yang mengonsumsi sereal bebas gula, bisa mencoba menembahkan buah beri atau buah persik sebagai topping. Selain iitu, mengonsumsi buah beri dan yogurt rendah lemak juga merupakan pilihan yang sehat.

Daripada mengonsumsi jus buah, yang tinggi gula, melarutkan setengah buah lemon dengan air dapat menjadi alternatif yang menyegarkan.

Makan Siang dan Makan Malam

Bagi Anda yang sering mengonsumsi salad juga jangan ragu untuk menambahkan buah sebagai bahan tambahannya. Anda bisa menggunakan lemon untuk dressing atau irisan alpukat di atasnya.

Selain itu irisan jeruk dan buah beri juga dapat manjadi toping uang tidak kalah enak. Buah rendah gula juga dapat dijadikan salad buah dengan menambahkan madu jika memang dibutuhkan.

Cemilan

Buah rendah gula dapat menjadi alternatif camilan yang baik. Seseorang dapat membuat cemilan dari buah melon dan buah rendah gula yang sudah di sebutkan sebelumnya. Menyimpan buah di dalam lemari pendingin juga disarankan untuk menjaga kesegaran gula.

Itah beberapa rekomendasi buah rendah gula yang bisa Anda konsumsi. Tentunya sangat penting untuk memerhatikan asupan gula karena, selain menjaga kadar gula darah, buag-buahan ini juga dapat menjaga berat badan tetap stabil.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!