Cara Alternaitf Mengobati Menopause

Cara Alternaitf Mengobati Menopause

Cara Alternaitf Mengobati Menopause

acepherbal.com –  Wanita yang melewati usia tertentu akan mengalami menopause.  Menopause didefinisikan sebagai tidak ada periode menstruasi selama 1 tahun. Biasanya wanita yang memasuki akhir 40-an dan awal 50-an akan mengalami kondisi ini.

Menopause juga dapat menyebakan perubahan pada tubuh. Gejalanya dapat menyebakan penurunan produksi estrogen dan progesteron pada ovarium. Gejala lain yang dapat muncul diantaranya hot flashes, bertambahnya berat badan dan vagina kering.

Disamping itu, menopause juga dapat meningkatkan resiko pada kondisi-kondisi tertentu seperti osteoporosis.

Banyak wanita yang mengabaikan resiko yang berhubungan dengan terapi pengganti hormon yang digunakan untuk mengatasi gejala menopause dari pada menggunakan pengobatan alternatif.

Karena wanita menopause mengalami kadar hormon estrogen dan progesteron yang mengalami fluktasi karena mereka cenderung mengalami sejumlah gejala diantaranya hot flashes, insomia, depresi, nyeri pada payudara dan perubahan suasana hati.

Beruntungnya ada beberapa pengobtan alami yang dapat membantu mengatasi kondisi ini.

Cara Alternaitf Mengobati Menopause

  • Black Cohosh

Black cohosh merupakan salah satu solusi untuk hot flash alami yang paling populer dan paling lama dipelajari untuk wanita untuk mengganti hormon atau antidepresan sebagai pengganti obat gejala menopause.

Black cohosh berasal dari tanaman dalam keluarga buttercup dan telah digunakan selama berabad-abad.

Diperkirakn black cohosh bertindak serupa dengan serotinin di otak. Sehingga dapat mengatasi depresi dan mengatur suhu pada tubuh.

Meskipun begitu menurut National Center for Complementaray and Integrative Health (NNCH) hasil penelitian sampai saat ini masih beragam. Secara keselurhn, keefektivan dari black cohosh sebagai pengobatan menopause yag dapat diandalkan dan masih harus dibuktikan.

  • Vitamin D

Vitamin D merupakan bahan pembangun penting untuk tubuh yang sehat. Kondisi ini membantu membangun pembaruan tulang, perkembangan sel normal dan keseimbangan hormon yang penting untuk kesehatan wanita yang menopause.

Vitamin D sering disebut sebagai “vitamin sinar matahari” karena tubuh memproduksinya sebagai respon terhadap paparan sinar matahari.

Seiring bertambahnya usia pada waita, kemampuannya untuk menyerap vitamin D mengalami penurunan, sehngga meningkatkan resiko hilangnya masa tulang, sehingga asupan vitamin D menjadi sangat penting.

Untuk mendapatkan dosis harian yang direkomendasikan yakni 600 international unit (IU), berjalanlah di luar ruangan selama 15-20 meit. Pastikan untuk memakai tabir surya untk melindungi kulit.

Selain itu mendapatkan vitamin D dari asupan makanan juga sangat penting. Beberapa makanan yang tinggi kandungan vitamin D diantaranya ikan sarden, tuna, salmon, produk susu dan telur.

  • Akupuntur

Banyak sekali wanita yang merasa gejala menopausenya teratasi dengan menjalani terapi akupuntur. Skeptis berpendapat bahwa manfaat akupuntur adalah murni hasil dari efek plasebo, tetapi penelitian telah menunjukan bahwa akupuntur dapat menjadi alternatif yang tepat untuk terapi hormon untuk wania yang menderita hot flashes (perasaan panas yang daang tiba-tiba).

  • Ginseng

Ginseng merupakan herbal yang digunakan kesehatan kurang lebih selama lima ribu tahun yang lalu oleh orang Cina, Korea, dan orang Amerika.

Ginseng dapat digunakan untuk mengatasi gejala menopause seperti kelelahan, kecemasan, stres. Ginseng dapat dikonsumsi dalam bentuk teh, bubuk ginseng maupun ekstrak ginseng.

  • Yoga

Semakin banyak yang mendukung gagasan bahwa yoga dapat membantu mengatasi depresi akibat menopause. Wanita melaporkan bahwa yoga relaksasi dan teknik peregangan dapat membantu menstabilkan kesehatan secara keseluruhan.

Itulah beberapa cara alternatif yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi gejala-gejala menopause.

Tentunya pengobatan menopause ini tidak harus selalu bergantung pada terapi hormon, Anda juga dapat mengatasi gejala-gejala menopause dengan cara-cara alternatif yang mudah didapatkan dan diaplikasikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!