Cara Sederhana Meredakan Sakit Kepala

Cara Sederhana Meredakan Sakit Kepala

Cara Sederhana Meredakan Sakit Kepala

acepherbal.com – Sakit kepala merupakan kondisi umum yang diderita banyak orang sehari-hari. Kondisi tersebut dapat membuat penderitanya tidak nyaman hingga menimbulkan sakit yang tidak tertahankan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sakit kepala memiliki berbagai jenis, dimana sakit kepala tegang menjadi jenis sakit kepala yang paling umum. Sakit kepala cluster dan migrain juga sering dirasakan dari ringan hingga berat.

Cara Sederhana Meredakan Sakit Kepala

Meskipun banyak sekali pengobatan yang dapat membantu meredakan sakit kepala, namun ada juga beberapa cara-cara mudah yang memiliki manfaat dan cara kerja seperti obat sakit kepala pada umumnya.

  1. Minum Air Putih

Kurangnya asupan cairan dapat menyebabkan sakit kepala. Bahkan, penelitian telah menunjukan bahw dehidrasi kronis adalah penyeba umum sakit kepala tegang dan migrain.

Untungnya, minum air putih yang cukup dapat membantu meringankan gejala sakit kepala pada kebanyakan oranng yang mengalami dehidrasi dalam waktu 30 menit hingga 30 jam.

Selain itu, dehidrasi dapat merusak konsentrasi dan menyebakan iritabilitas yang dapat menyebabkan kondisi sakit kepala semakin buruk.

Untuk menghindari dehidrasi dan menyebakan sakit kepala, usahakan unuk minum cukup air setiap harinya juga mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air.

  1. Tidur Cukup

Kurang tidur dapat mengganggu kesehatan hingga menyebabkan sakit kepala. Misalnya, pada satu penelitian, membandingkan frekuensi sakit kepala dan keparahan sakit kepala pada mereka yang kurang tidur dari 6 jam per malam dan mereka yang tidur lebih lama.

Hasilnya diketahui bahwa mereka yang kurang tidur memiliki frekuensi sakit kepala yang lebih parah.

Namun, tidur berlebihan juga dapat memicu sakit kepala, sehigga tidur deengan waktu yang cukup sangat penting untuk mencegah sakit kepala secara alami.

  1. Menghindari Makanan yang Tinggi Histamin

Histamine merupakan senyawa kimia yang secara alami ditemukan dalam tubuh yang berperan pada sistem imun, pencernaan dan sistem saraf.

Kandungan ini juga dapat ditemukan dalam makanan seperti keju, makanan yang difermentasi, bir, anggur dan ikan asap.

Penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi hisamin dapat menyebabkan migrain terutama pada mereka yang sensitif.

Beberapa orang yang tidak dapat mengekskrasikan histamin dengan benar karena mereka memiliki kerusakan fungsi enzim yang bertugas untuk memecahnya.

Mengurangi makanan yang inggi histamine dapat menjadi strategi terbaik untuk mereka yang sering merasakan sakit kepala.

  1. Menggunakan Minyak Esensial

Minyak esensial atau essential oil yang merupakan cairan yang sangat pekat dan mengandung senyawa aromatik dari berbagai jenis tanaman.

Dimana minyak atsiri memiliki banyak manfaat terapi dan paling sering digunakan secara topical meskipun beberapa diantaranya dapat dikonsumsi.

Minyak esensial peppermint dan lavender sangat membantu Anda jika sedang merasakan sakit kepala.  Menggosokan minyak esensial peppermint pada pelipis telah terbukti mengurangi gejala sakit kepala karena tegang.

Sementara itu, minyak lavender sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit migraine dan gejala yang terkait ketika diterapkan pada bibir atas agar dapat dihirup.

  1. Minum Minuman Berkafein

Minum minuman yang mengandung kaein seperti the atau kopi dapat meredakan sakit kepala. Kafein dapat meningkatkan suasana hati yang juga berpengaruh positi pada gejala sakit kepala.

Manfaat tersebut sama efektifnya dengan obat sakit kepala yang seperti ibuorofen dan acetaminophen.

Namun, jika Anda mengonsumsi kafein secara rutin juga dapat memicu sakit kepala jika terus menerus mengonsumsi minuman berkafein.

  1. Akupuntur

Akupuntur merupakan teknik pengobatan Tiongkok Tradisional yang dilakukan dengan cara menusukan jarum tipis ke dalam kulit untuk merangsang titik tertentu pada tubuh.

Metode ini telah dikaitkan dengan penurunan gejala sakit kepala dalam banyak penelitian. Sebuah tinjauan terhadap 22 studi termasuk lebih dari 4.400 orang menemukan bahwa akupuntur sama efektifnya dengan obat migrain biasa.

Studi lain menemukan bahwa akupunur lebih efektif dan lebih aman daripada topiramate, obat antikonvulsan yang digunakan unuk mengobati maag kronis.

  1. Teh Jahe

Jahe mengandung senyawa bermanfaat bagi kesehatan diantaranya antioksidan dan anti-inflamasi.  Satu studi pada 100 orang dengan migraine kronis menemukan bahwa 250 mg bubuk jahe sama efektifnya dengan obat sakit kepala konvensional sumatriptan dan mengurangi migraine.

Banyak orang yang terkena dampak negative dari sering terkaa sakit kepala sehingga penting untuk menemukan pengobatan yang alami dan efektif.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!