Mengenal Lebih Jauh Tentang Eksim Alergi

Mengenal Lebih Jauh Tentang Eksim Alergi

Mengenal Lebih Jauh Tentang Eksim Alergi

acepherbal.com – Eksim Alergi juga dikenal dengan dermatitis kotak merupakan kondisi yang terjadi ketika kulit seseorang mengalami kontak dengan alergen.

Eksim dapat menyebabkan ruam merah dan gatal pada kulit yang akan terasa perih terutama jika tidak mendapatkan pengobatan.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Eksim Alergi

Eksim alergi merupakan bentuk dari eksim yang terjadi sebagai bentuk respon ketika kulit mengalami kontak dengan alergen. Alergen sendiri merupakan zat yang membuat seseorang menjadi alergi.

Gejala primer dari eksim alergi dan jenis eksim lainnya adalah timbulnya ruam merah yang bersifat kering dan terasa gatal. Beberapa tipe eksim juga dapat menyebabkan rasa sakit hingga menimbulkan lepuhan.

Hingga saat ini para ahli masih belum sepenuhnya mengerti mengapa eksim ini terjadi pada beberapa orang saja. Namun diketahui bahwa faktor lingkungan dan genetik juga berperan dalam kondisi tersebut.

Penyebab Umum Eksim Alergi

Seseorang biasanya mengalami eksim alergi setelah menyentuh alergen, mengonsumsi makanan yang menyebabkan alergi atau terekena kontak dengan alergen udara seperti sebuk sari.

Beberapa penyebab eksim lainnya yang paling umum diantaranya:

  • Deteren yang digunakan pabrikan untuk mengentalkan sampo, lotion maupun sabun
  • Parfum
  • Logam, seperti kromium, kobalt dan nikel
  • Paraphenylenediamine (PPD), bahan kimia yang sering digunakan untuk mewarnai rambut
  • Bahan pengawet seperti formaldehyde
  • Salep anti bakteri termasuk neomisin dan bacitracin
  • Produk antijamur dan antibakteri seperti methylisothiazolinone

Diketahui terpapar alergen-alergen di atas dapat menyebabkan timbulnya eksim pada kebanyakan orang namun kemungkinan beberapa diantaranya akan memiliki reaksi yang berbeda.

Gejala Eksim Alergi

Gejala dari eksim alergi biasanya hanya terjadi di area-area kulit yang terpapar dengan alergen. Namun orang-orang yag memiliki reaksi yang lebih parah dapat menimbulkan gejala di bagian tubuh lain.

Gejala paling umum yang ditimbulkan oleh eksim di antaranya:

  • Lepuhan
  • Gatal
  • Sensasi terbakar
  • Ruam
  • Kemerahan dan pembengkakan

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling rentan untuk mengalami gejala eksim alergi dikarenakan bagian tubuh ini sering kali menyentuh benda-beda yang dapat memicu reaksi alergi.

Menurut National Eczema Association ada 3 jenis dermatitis kontak yang sering terjadi, diantaranya:

  • Dermatitis kontak alergi, kondisi ini terjadi ketika kulit seseorang terpapar kontak dengan alergen seperti, nikel, cat, pewarna rambut atau bahkan bunga. Reaksi tersebut kemungkinan terjadi sampai 48-96 jam setelah terpapar.
  • Urtikaria, kondisi ini menyebakan pembengkakan dan kemerahan secara signifikan biasanya muncul segera setelah terpapar alergen. Seseorang yang mengalami kontak bahkan dapat mengalami reaksi anaflaksi yang merupakan reaksi alergen parah yang memicu kesulitan bernapas.
  • Dermatitis kontak iritan, kondisi ini menyebabkan peradangan kulit ketika kulit terpapar kontak dengan iritan seperti sabun, gesekan atau panas. Seseorang dengan luka atau dermatitis atopik lebih mungkin mengalami dermatitis kontak iritan.

Kondisi yang Berkaitan dengan Eksim Alergi

Ada beberapa jenis eksim. Selain alergi atau dermatitis kontak, varietas eksim lainnya termasuk:

  • Dermatitis atopik merupakan kondisi kulit kronis yang sering dimulai terjadi saat anak-anak. Kondisi tersebut menyebabkan kekeringan, kemerahan, gatal pada kulit hingga menyebakan kulit pecah-pecah. Seseorang dengan riwayat keluarga dengan asma atau rintitis alergi lebih memungkinakan untuk mengembangkan dermatiitis atopik.
  • Eksim Dishidrotik, eksim enis ini dapat menyebabkan lepuhan kecil biasanya terjadi pada jari, jari kaki, telapak tangan dan telapak kaki. Wanita cenderung mengalami kondisi ini daripada pria. Eksim dishidrotik terkadang disebabkan oleh stres dan kontak terlalu lama dengan logam atau garam kromium tertentu.
  • Eksim nummular, menyebabkan timbulnya bintik-bintik bersisik, gatal juga memiliki bentuk menyerupai koin. Terkadang area yang ditumbuhi bintik bintik ini dapat menyebakan luka terbuka. Kondisi tersebut seringkali terjadi setelah digigit serangga.
  • Dermatitis statis, terjadi ketika seseorang memiliki sirkulasi yang buruk pada bagian bawah kaki. Hal ini menyebabkan kelebihan cairan bocor dari pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan gatal, kerak dan nyeri.

Menghindari factor-faktor yang menyebabkan alergi merupakan cara yang tepat gar eksim alergi tidak selalu kambuh. Juga sangat direkomendasikan untuk menjaga kesehatan kulit terutama jika eksim ini sedang kambuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!