12 Gejala Awal Rheumatoid Arthritis yang Harus Diketahui

acepherbal.com – Rheumatoid arthritis merupakan gangguan dimana sistem imun tubuh seseorang menyerang persendian dan menyebabkan peradangan.

Gejala rheumatoid arthritis (RA) biasanya menyerang tangan, pinggang dan kaki. Mengenali gejala awal dari RA ini sangat penting agar mendapatkan pengobatan yang cepat dan tepat.

RA berasal dari masalah sistem imun. Ketika sistem imun ini sehat maka tugasnya adalah melawan infeksi. Namun pada orang-orang dengan RA, sistem imun menyalah artikan sel sehat pada dinding sendi sebagai sel jahat kemudian menyerangnya. Kondisi tersebut menyebabkan pembengkakan, kekakuan dan nyeri.

Orang-orang yang memiliki RA akan mengalami beberpa periode dimana mereka tidak merasakan gejala apapun dan pada waktu yang lain gejalanya dapat bersifat sangat parah.

Saat ini, tidak ada obat tertentu untuk RA, namun penanganan yang tepat dan olahraga ringan dapat membantu meredakan serangan RA ini. Jika tidak diotangani, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada sendi, tulang rawan dan area tulang yang terkena RA.

12 Gejala Awal Rheumatoid Arthritis yang Harus Diketahui

Gejala utama dari RA adalah nyeri dan sendi kaku. Sebelum gejala ini terjadi, seseorang dapat mengalami gejala awal.

Beberapa gejala awal ini berkaitan dengan perasaan seseorang secara keseluruhan, meskipun seseorang ada yang merasakan gejala yang dirasakan pada bagian sendi tertentu.

Gejala ini memengaruhi persendian seseorang yang lebih cenderung mengindikasikan RA, terutama jika lebih dari satu bagian sendi yang terkena kondisi ini.

Mengenetahui gejala-gejala ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan pengobatan lebih cepat dan tepat. Adapun gejala-gejala yang dimaksud ini diantaranya:

1. Kelelahan

Sebelum mengalami gejala yang lain, seseorang dengan RA dapat merasakan kelelahan ekstrim dan kekurangan energi. Terkadang mereka juga merasakan depresi. Kelelahan ini juga dapat memengaruhi

  • Aktivitas sehari-hari
  • Hubungan dengan pasangan
  • Gairah seksual
  • Produktivitas di tempat kerja

Merasa kelelahan dapat disebabkan oleh reaksi tubuh terhadap peradangan pada persendian.

2. Demam Ringan

Peradangan yang berhubungan RA dapat menyebabkan seseorang merasa tidak enak badan dan badan terasa hangat.

Mereka mungkin juga mengalami sedikit peningkatan suhu tubuh, yang merupakan gejala awal yang terkadang diiringi dengan kelelahan. Kondisi ini mungkin dapat terjadi di awal stadium RA sebelum munculnya gejala spesifik pada persendian.

3. Menurunnya Berat Badan

Gajala ketiga dari RA ini adalah menurunnya berat badan tanpa alasan yang jelas, yang mungkin menjadi efek tidak langsung dari peradangan.

Ketiika seseorang merasakan lelah dan naiknya suhu tubuh, mereka juga biasanya akan mengalami hilangnya nafsu makan yang membuat berat badan menjadi menurun.

4. Kekakuan

Gejala lainnya dari RA ini adalah sendi kaku. Kekakuan ini dapat terjadi dalam satu atau sendi kecil, sering terjadi di pergelangan tangan. Kondisi ini dapat muncul perlahan dan berlangsung selama beberapa hari.

Selain kekakuan yang menyerang bagian persendian tertentu, merasa kaku di seluruh bagin tubuh juga dapat menjadi gejala awal dari RA.

Jenis kekakuan ini biasanya menyerang seseorang setelah mereka duduk dalam waktu yang lama. Gejala ini dapat menyebabkan kekakuan di pagi hari, dan merupakan keluhan khas para pasien RA.

5. Sendi Terasa Lunak

Sendi terasa lunak yang menyerang tangan dan kaki merupakan gejala yang biasa terjadi pada pasien dengan RA. Pada tangan, sendi di jari bagian tengah dapat terasa lunak ketika ditekan atau ketika digerakan.

Pada kaki, sendi pada bagian dasar telapak kaki akan terasa lunak, kondisi ini dapat menyebabkan gangguan berjalan seseorang.

6. Nyeri Sendi

Nyeri sendi pada jari, pergelangan tangan dan kaki merupakan gejala dari RA. Peradangan membuat lapisan sendi menjadi lebih tebal dan juga menyebabkan produksi cairan berlebih pada sendi.

Kedua faktor ini dapat menekan kapsul yang menmengelilingi sendi dan mengiritasi ujung saraf yang dikandungnya sehingga menimbulkan rasa sakit.

7. Pembengkakan pada Sendi

Sendi yang terlihat membengkak pada tangan dan kaki merupakan gejala yang umum pada RA. Pembengkakan sendi cendurung muncul ketika RA berkembang, namun pembengkakan yang tidak terlalu terlihat bisa menjadi gejala awal.

8. Sendi Kemerahan

Peradangan pada sendi dapat menyebabkan perubahan pada tampilan persendian. Perubahan warna dari kulit yang ada disekitar sendi pada tangan dan kaku menjadi gejala dari RA.

Sendi kemerahan terjadi karena peradangan menyebabkan pembuluh darah yang mengelilingi kulit menjadi lebih luas. Perluasan pembuluh darah ini membuat darah lebih banyak mengalir pada area tersebut, yang memberikan tampilan warna merah pada kukit.

9. Sendi Terasa Hangat

Sendi yang terasa hangat dapat disebabkan peradangan dan dapat muncul sebelum peradangan atau pembengkakan terjadi.

10. Kesemutan dan Mati Rasa

Kesemutan dan mati rasa dapat menyerang tangan dan kaki dan menjadi gejala awal dari RA. Gejala ini disebabkan oleh peradangan pada sendi yang menyebabkan tekanan pada saraf, yang berakibat hilangnya sensasi kekita bagian sendi tertentu di sentuh.

11. Penurunan Jangkauan Gerak

Pada tahap awal RA, seseorang menyadari bahwa mereka memiliki masalah untuk menekuk pergalangan tangan.

Ketika penyakit ini berkembang, kerusakan pada sendi juga dapat menyerang ligamen dan tendon yang membuatnya lebih sulit untuk ditekuk dan di luruskan.

12. RA yang Menyerang Kedua Sisi Tubuh

Merupakan hal yang umum bagi orang-orang dengan RA yang mengalami gejala yang sama pada persendian di kedua bagian tubuh. Meskipun kesimetrian ini tipikal, namun tidak semua orang dapat merasakan kondisi tersebut.

Komplikasi Rheumatoid Arthritis (RA)

Jika tidak di obati, RA dapat menyebabkan kerusakan pada sendi, tulang rawan yang mengelilinginya dan tulang yang ada di sekitar persendian sehingga mengakibatkan kelainan bentuk pada sendi.

RA yang tidak diobati juga dapat menyebabkan munculnya benjolan keras yang berkembang pada sendi atau jaringan disekitar nya yang disebut dengan nodul reumatoid. Nodul ini ini adalah karakteristik visual yang sering dikaitan dengan kondisi tersebut.

Selain kelainan bentuk pada sendi dan nodul reumatoid, RA ini juga dapat menyebabkan:

  • Sindrom carpal tunnel
  • Peradangan pada area tubuh yang lain termasuk mata, jantung dan paru-paru
  • Meningkatnya resiko untuk mengalami stroke dan serangan jantung

Faktor Resiko Rheumatoid Arthritis (RA)

Para ahli tidak mengetahui secara pasti apa yang memicu sistem imun untuk menyerang persendian dalam tubuh pada orang-orang dengan RA.

Namun, ada beberapa faltor yang para diketahui para ahli dapat meningkatkan faktor resiko untuk terkena kondisi tersebut, diantaranya:

  • Jenis kelamin, wanita memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan RA dari pada pria. Sebuah penelitian tahun 2011 menemukan 1 dari 12 wanita dan 1 dari 20 pria akan mengembangkan RA selama hidup mereka.
  • Merokok, menurut penelitian tahun 2012 mereka memiliki bukti yang kuat bahwa merokok dapat meningkatkan resiko RA dan membuatnya berkembang lebih cepat.
  • Berat badan berlebih, penelitian tahun 2016 menemukan kaitan antara obesitas dan meningkatnya resiko untuk mengembangkan RA.

Diagnosis awal dan perawatan yang tepat pada RA dapat membantu mengurangi komplikasi dari kondisi tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!