Inilah Jumlah Asupan Air yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Harinya

Inilah Jumlah Asupan Air yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Harinya

Inilah Jumlah Asupan Air yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Harinya

acepherbal.com – Tubuh terdiri dari 60% air. Tubuh Anda akan mengeluarkan cairan melalui urine dan keringat. Untuk mencegah dehidrasi, Anda membuthkan asupan air dalam jumlah yang cukup.

Inilah Jumlah Asupan Air yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Harinya

Ada beberapa pendapat berbeda tentang berapa banyak air yang harus Anda konsumsi. Otoritas kesehatan biasanya merekomendasikan untuk meminum air sebanyak delapan gelas atau sekitar 2 liter sehari.

Namun beberapa ahli kesehatan percaya bahwa kita harus tetap minum air sekalipun tubuh tidak merasa kehausan.

Seperti kebanyakan hal, kondisi ini tergantung pada setiap individu. Banyak faktor (baik internal maupun eksternal) pada akhirnya memengaruhi kebutuhan air seseorang.

Apakah Benar Asupan Air Memengruhi Kadar Energi dan Fungsi Otak Seseorang?

Banyak orang yang mengklaim bahwa jika kita dehidrasi selama seharian, maka energi dan fungsi otak akan menerurun.

Pada satu studi mennjukan bahwa kehilangan cairan 1.36% setelah olahraga akan mengganggu suasana hati dan konsentrasi dan meningkatkan frekuensi sakit kepala.

Penelitian lain menunjukan bahwa dehidrasi ringan (1-3% dari berat badan) yang disebakan olahraga atau panas dapat memperburuk fungsi otak.

Namun harus diingat bahwa 1% dari berat badan saja dapat memengaruhi hilangnya cairan tubuh secara signifikan, teruma jika Anda berkeringat.

Dehidrasi ringan juga dapat berdampak negatif pada kondisi fisik dan berpengaruh pada daya tahan tubuh.

Manfaat Minum Air yang Banyak untuk Berat Badan

Ada banyak klaim bahwa meningkakan asupan air dapat menurunkan berat badan karena dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan.

Menurut 2 penelitian, minum 500 air dapat meningkatkan metabolisme hingga 24-30%. Para ahli memperkirakan bahwa minum 2 liter dalam satu hari dapat meningkatkan energi dan membakar sebanyak 96 kalori per hari.

Selain itu, minum air dingin juga bermanfaat karena tubuh perlu mengeluarkan kalori sehingga dapat meningkatkan suhu tubuh. Minum air sekitar seetengah jam sebelum makan dapat mengurangi sejumlah kalori yang dikonsumsi.

Pada satu penelitian menunjukan bahwa orang-orang yang sedang diet dan minum 500ml air sebelum makan terbukti mengalami penurunan berat badan sebanyak 44% selama 2 minggu dibandingkan mereka yang tidak banyak minum air putih.

Secara keseluruhan, tampaknya minum air dalam jumlah yang cukup, terutama sebelum makan dapat secara signifikan menurunkan berat badan terutama jika dikombinasikan dengan diet sehat.Juga memenuhi asupan cairan dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Minum Air yang Cukup Dapat Mencegah Masalah Kesehatan

Beeberapa masalah kesehatan yang dapat dicegah dengan memenuhi asupan cairan, diantaranya:

  • Konstipasi, meningkatkan asupan cairan dapat membantu mengatasi konstipasi yang merupakan kondisi yang sangat umum ketika tubuh tidak mendapatkan cairan yang cukup.
  • Kanker, beberapa penelitian menunjukan bahwa mereka yang minum air yang banyak memiliki resiko yang lebih rendah untuk mengidap kanker kandung kemih dan kanker kolekteral, meskipun penelitian lainya tidak menemukan efek apapun.
  • Batu ginjal, meningkatkan asupan air dapat menurunkan resiko dari batu ginjal
  • Jerawat dan hidrasi kulit, ada banyak laporan mengenai bagaimana air dapat membantu menghidrasi kulit dan mengurangi jerawat. Sejauh ini, tidak ada penelitian yang mengonfirmasi atau membantah pernyataan tersebut.

Air putih bukan satu-satunya minuman yang berkontribusi terhadap keseimbangan cairan dalam tubuh. Minuman dan makanan lain juga memiliki efek signifikan yang sama.

Salah satu mitos menyatakan bahwa minuman berkafein, seperti kopi atau teh tidak akan membantu tubuh Anda terhidrasi karena kafein bersifat diuretik. Faktanya penelitian menunjukan bahwa efek diuretik pada minuman ini sangatlah sedikit.

Kebanyakan makanan yang kita konsumsi mengandung air yang banyak. daging, ikan, telur terutama buah dan sayur dimana semuanya mengndung jumlah air yang cukup tubuh.

Dengan begitu bisa dikatakan, kopi dan teh juga makanan yang mengandung banyak air dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Pada akhirnya, tidak ada hitungan pasti seberapa banyak Anda harus minum setiap harinya, karena kebutuhan air setiap orang berbeda-beda.

Cobalah untuk bereksperimen untuk mengetahui kebutuhan asupan cairan Anda.  Minum air yang banyak ketika Anda haus, setelah berolahragaa ataupun ketika berkeringat banyak sangatlah penting untuk mencegah dehidrasi.

Dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa kebutuhan cairan tubuh setiap orang berbeda, namun minum air yang banyak sangatlah penting terutama jika frekuensi buang air kecil meningkat dan berkeringat banyak.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!