Mengenal Kanker Tulang, Jenis, Gejala dan Faktor Resikonya

Mengenal Kanker Tulang, Jenis, Gejala dan Faktor Resikonya

Mengenal Kanker Tulang, Jenis, Gejala dan Faktor Resikonya

acepherbal.com – Kanker tulang berkembang dalam sistem keletal dan menghancurkan jaringan tulang. Jenis kanker ini dapat menyebar ke organ terdekat, misalnya saja paru-paru.

Mengenal Kanker Tulang, Jenis, Gejala dan Faktor Resikonya

Jenis-jenis Kanker tulang

Ada dua jenis utama dari kanker tulang. Yakni kanker tulang primer yang berkembang di dalam sel tulang dan kanker tulang sekunder yang terjadi ketika kanker yang berkembang di tempat lain dan menyebar atau bermetastasis ke tulang.

Menurut National Cancer Institute, kanker tulang primer menyumbang kurang dari 1% dari semua jenis kanker yang ada. Sementara kanker tulang sekunder lebih umum dan banyak ditemukan.

Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai jenis-jenis kanker tulang.

  • Kanker Tulang Primer

Tumor di dalam tulang dapat bersifat jinak (non kanker dan ganas (bersifat kanker). Tumor jinak tidak akan menyebar dan menetap dimana sel tumor ini tumbuh. Sementara tumor ganas bersifat lebih agresif dan memiliki resiko tinggi untuk menyebar. Beberapa contoh tumor tulang jinak diantaranya:

  • Osteoma
  • Osteoid osteoma
  • Osteochondroma
  • Enchondroma
  • Kista tulang aneurisma
  • Displasia fibrosa tulang

Osteoblasma dan tumor sel yang besar di dalam tulang dapat menjadi ganas walaupun awalnya bersifat jinak. Sel tumor tersebut biasanya menjadi lebih agresif tanpa menyebar ke tempat yang jauh dan menyebabkan kerusakan pada tulang yang terletak di dekat tumor.

Contoh tumor tulang primer yang bersifat ganas meliputi:

Osteosarcoma

Jenis kanker ini berkembang pada osteobias, yaitu sel-sel pembentuk tulang. Osteosarcoma merupakan jenis kanker tulang yang paling umum. Menurut St. Jude’s Children’s Reasearch Hospital, usia anak-anak hingga remaja. Atau usia 10-19 tahun memiliki resiko yang tinggi terhadap osteosarcima dan merupakan jenis kanker umum ke tiga diantara pada remaja di Amerika Serikat.

Memiliki penyakit Paget pada tulang, yang merupakan penyakit yang menyebabkan pertumbuhan tulang yang berlebihan juga dapat meningkatkan resiko osteosarkoma

Ewing Sarkoma

Ewing sarkoma biasanya berkembang dalam panggul, dinding dada, tulang kering atau tulang paha. Namun, kondisi ini juga dapat berkembang di jaringan lunak, seperti lemak, otot dan pembuluh darah.

Tumor ini berkembang dengan cepat yang sering menyebar ke area terdekat di tubuh seperti paru-paru. Kondisi ini sangat umum pada usia remaja meskipun jenis kanker ini merupakan jenis kanker yang paling umum kedua namun masih sangat jarang ditemukan.

Chondrosarcoma

Chondrosarcoma biasanya berkembang pada orang dewasa. Kondisi ini dimulai dari tulang rawan, yang merupakan tipe jaringan ikat yang melapisi persendian dan kemudian menyebar ke tulang.

Terutama, chondrosarcoma ini berkembang di bagian kaki atas, panggul dan pundak. Chondrosarcoma biasanya berkembang secara perlahan dan umumnya menyerang orang dewasa di atas usia 40 tahun.

Chordoma

Jenis kanker yang jarang dan berkembang di tulang belakang. Kondisi ini biasanya berkembang pada dasar tulang belakang dan tengkorak pada orang dewasa.

Anak-anak dan orang remaja juga daapt mengembangkan chordoma. Ketika kondisi ini terjadi, chordoma biasanya mulai timbuh di dasar leher dan tengkorak.

  • Kanker Tulang Sekunder

Kanker tulang sekunder merupakan kanker tulang paling umum pada orang dewasa. Kondisi ini berkembang ketika kanker menyebar ke tulang dari bagian tubuh lain. Kebanyakan kanker juga dapat menyebar ke tulang.

Namun, seseorang dengan kanker payudara dan prostat memiliki resiko yang tinggi untuk mengembangkan kanker tulang. Kondisi ini dikenal dengan metastasis.

Jenis kanker ini dapat menyebabkan nyeri, patah tulang dan hiperkalsemia, dan kelebihan kalsium dalam darah.

Faktor Resiko Kanker Tulang

Para ilmuan tentunya perlu melakukan penelitian lebih banyak tentang penyebab pasti dari kanker tulang ini. American Cancer Society menyatakan bahwa ada berbagai faktor resiko yang memengaruhi kanker tulang, termasuk genetik.

Mereka juga mengindikasikan bahwa orang-orang dengan penyakit peradangan jangka panjang, seperti penyakit Paget, memiliki resiko yang tinggi untuk mengembangkan kanker tulang.

Namun, masih belum jelas mengapa seseorang dapat menderita kanker tulang sementara yang lainnya tidak.

Faktor resiko lainnya yang dapat mengembangkan kanker ini diantaranya:

  • Berada di usia di bawah 20 tahun
  • Terpapar radiasi, seperti mengalami terapi radiasi untuk jenis kanker yang berbeda
  • Mendapatkan transplantasi sumsum tulang belakang
  • Memiliki saudara yang memiliki kanker tulang

Individu dengan retinoblasma herediter, sejenis kanker mata yang paling sering berkembang pada anak-anak.

Gejala Kanker Tulang

Gejala pertama dari kanker tulang adalah nyeri terus menerus pada area tulang tertentu. Seiring waktu, rasa sakit menjadi lebih buruk dan lebih berkelanjutan.

Untuk beberapa orang, rasa sakitnya tidak kentara. Seseorang yang mengalami nyeri ini mungkin tidak mencari pengobatan karena rasa sakitnya tidak terlalu parah.

Perkembangan rasa nyeri tersebut bersama dengan sarkoma Ewing yang cenderung berkembang sangat cepat pada orang-orang dengan kanker tulang. Beberapa gejala tersebut diantaranya:

  • Pembengkakan di area tulang tersebut
  • Tulang lemah dan beresiko tinggi untuk mengalami patah tulang
  • Menurunnya berat badan tanpa sebab
  • Timbulnya benjolan di area tertentu

Meskipun tidak terlalu umum, seseorang yang memiliki kanker tulang juga dapat mengalami demam, panas dingin dan berkeringat di malam hari.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kanker tulang, jenis, gejala dan faktor resiko yang dimilikinya.

Kondisi kanker tulang harus mendapatkan pemeriksaan secara menyeluruh untuk melihat apakah kondisi ini menyebar ke bagian tubuh lain atau tidak.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!