Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Mulut Tetap Sehat

Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Mulut Tetap Sehat

Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Mulut Tetap Sehat

acepherbal.com – Sejak pandemi ini berlangsung banyak sekali kegiatan normal yang kita lewatkan termasuk pergi ke dokter gigi.

Merawat perawatan gigi dan mulut memang sangat penting dimana ada beberapa kondisi yang membutuhkan perawatan seperti gigi berlubang, gusi berdarah, kandidiasis mulut dan gangguan mulut lainnya.

Namun jika Anda tetap optimis selama pandemi ini, mulailah untuk menjaga kesehatan mulut dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Mulut Tetap Sehat

Unuk menjaga kesehatan gigi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang rendah karbohidrat dan gula, tinggi serat an mengandung nutrisi yang dibutuhkan mulut seperti kalsium, fosfor dan magnesium.

Hindarilah makanan yang mengandung gula, makanan olahan, bersifat asam dan tinggi karbohidrat tanpa nilai gizi yang signifikan.

Berikut ini ada beberapa makanan yang dipercaya dapat menjaga kesehatan mulut diantaranya:

  • Biji Cokelat

Cokelat memang sudah banyak digemari banyak orang dan ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mulut. Cokelat tanpa gula dapat mencegah gigi berlubang dan menjaga bakteri mulut dan mengehentikan pembentukan gigi.

Pada peneltian tahun 2019 menunjukan bahw polifenol dalam biji cokelat dapat mengatasi gigi berlubang yang disebabkan bakteri dan mencegah pembentukan plak gigi.

Di tahun yang sama, para ahli menemukan bahwa biji cokelat dapat menghancurkan S. mutans T bacteria merupakan jenis bakteri yang paling umum dan menyebabkan gigi berlubang. Mengonsumsi biji cokelat sama halnya seperti menggunakam obat kumur.

Mengonsumsi biji cokelat tanpa gula sangat dianjurkan, namun jangan mengonsumsi cokelat dari makanan yang sudah diproses ya, karena manfaat dari cokelat ini menjadi kurang maksimal.

  • Produk Susu

Produk susu terutama dari susu sapi yang diberi makan rumput, diketahui bahwa susu yang dihasilannya tinggi akan vitamin K2 yang sangat pening untuk menjaga kesehatan mulut.

Selain susu, produk lainnya seperti keju dan mentega yang juga tinggi vitamin K2, merupakan nutrisi yang penting untuk kesehatan gigi. Namun populasi dari seluruh dunia kemungkinan mengalami defisiensi vitamin K2.

Semenara semua mamalia dapa secara efisien mengubah vitamin K1 menjadi K2 dalam sistem pencernaan, namun manusia tidak meiiliki enzim yang tepat untuk membuat fungsi tersebu.

Kelebihan mamalia yang hanya diberi makan rumput adalah di dalam tubuhnya dapat mengaktifkan enzim tadi dengan bantuan klorofil.

Sehingga mamalia yang diberi makanan biji-bijian produk yang dihasilkanya tidak akan mengandung vitamin K yang tinggi. Makanan lain yang mengandung vitamin K2 yang tinggi diantaranya daging sapi, telur dan hati ayam.

  • Ikan Berminyak

Ikan berminyak  merupakan komponen penting dalam pola diet yang juga tinggi akan vitamin D. Nutrisi ini sangt penting untuk setiap sistem dalam tubuh. Namun tak banyak yang tahu bahwa vitamin ini juga dapat mengatasi kerusakan gigi.

Vitamin D bekerja secara sinergi dengan vitamin A dan K2 akan mengantarkan kalisum menuju gigi, menguatkan enamel dari dalam keluar. Kekurangan nutrisi-nutrisi ini dapat melemahkan enamel.

Ikan berminyak juga tinggi akan omega-3, asam lemak ini dapat mendukung kesehatan gigi bahkan dapa mencegah periodontitis (gangguan gusi) yang dapat memengaruhi setengah populasi orang dewasa Amerika Serikat.

Dengan kata lain, jika gusi menjadi berdarah, disarankan untuk mengonsumsi omega-3 unuk mengurangi peradangan dan penderahan. Tuna, makarel, salmon dan trout juga beberapa makanan yang tinggi viamin D dan omega-3.

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangat bermanfaat untuk mendukung fungsi bakteri sehat dalam mulut. Berbeda dengan makanan karbohidrat, sayuran hijau membantu mulut menghasilkan bakteri pengurang nitrat sehingga mulut dan sistem kardiovaskular dapat meningkatkan oksida nitrat.

Sayuran hijau tidak hanya membuat mulut terasa bersih, tetapi juga secara aktif mendukung mikrobiome mulut yang sehat.

Sayuran hijau gelap sangat baik untuk gigi, juga tinggi mineral yang baik untuk memperkua struktur gigi. Beberapa sayuran yang direkomendasikan diantaraya kale, bayam, lobak hijau dan arugula.

  • Buah Sitrus dan Jeruk

Baik buah sitrus dan jeruk sama-sama mengandung kadar vitamin C tinggi yang dapat memperkuat pembuluh darah dan jaringan ikat dalam mulut.

Ketika makanan asam memiliki dampak negatif terhadap gigi, namun buah sitrus dan jeruk dapat bermanfaat untuk kesehatan mulut saat dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Vitamin C juga dapat memperlambat peradangan gusi yang dapat menyebakan penyakit gusi.

Sebuah penelitian pada tahun 2005 menemukan bahwa setelah 2 minggu mengonsumsi buah sitrus, yang berarti partisipan meningkatkan asupan vitamin C nya dan mengurangi pendarahan pada gusi.

Itulah beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan gigi. Memasuki new normal seperti sekarang ini, kemungkinan untuk Anda pergi ke dokter gigi semakin besar. Namun teap harus menaati protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!