7 Makanan Ini Dapat Membantu Mengatasi Gejala Alergi Musiman

7 Makana Ini Dapat Membantu Mengatasi Gejala Alergi Musiman

acepherbal.com – Kebanyakan penderita alergi berpikir bahwa menjauhi makanan-makanan tertentu yang dapat memicu alergi menjadi satu-satunya cara untuk menghindari reaksi alergi.

Namun hubungan antara alergi musiman dan makann terbatas pada beberaap kelompok makanan yang dikenal sebagai makanan reaktif silang.

Beberapa kondisi yang dapat menjadi reaksi alergi diantaranya rintitis alergi yang terjadi pada musim tertentu.

Kondisi ini dapat berkembang ketika sistem imun mengalami over reaktif terhadap allergen seperti serbuk sari yang dapat mengakibatkan timbulnya lendir, bersin dan gatal-gatal.

7 Makanan Ini Dapat Membantu Mengatasi Gejala Alergi Musiman

Selain mengonsumsi obat-obatan tertentu, ternyata alergi bisa diatasi dengan makanan-makanan yang mudah di dapatkan

 Mengonsumsi makanan tertentu dapat mengatasi gejala yang sering ditimbulkan oleh alergi serta membantu mengurangi peradangan juga meningkatkan daya tahan tubuh.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu mengatasi alergi diantaranya:

  • Jahe

Alergi sering menimbulkan berbagai geala yang tidak nyaman seperti peradangan, pembengkakan dan iriasi pada saluran hidung, mata dan tenggorokan dan jahe dapat membantu mengurangi gejala-gejala tersebut secara alami.

Selama jutaan tahun, jahe telah  digunakan sebagai pengobatan alami untuk sejumlah masalah kesehatan seperti mual-mual dan nyeri sendi.

Jahe juga tebukti mengandung oksidatif, senyawa fitokima anti-inlamasi. Sekarang ini, peneliti ahli sedang mengeksplorasi bagaimana senyawa ini mungkin berguna untuk mengatasi alergi musaiman.

Pada studi hewn tahun 2016, jahe dapat menekan produksi protein pro-inflamasi dalam darah tikus yang menyebabkan berkurangnya gejala alergi.

  • Bee Pollen

Bee pollen bukan saja makanan untuk lebah, namun juga bisa dikonsumsi oleh manusia. Campuran enzim, nektar, madu, serbuk sari bunga dan lilin yang dapat membantu mengatasi demam.

Peneliti menunjukan bahwa bee pollen memiliki anti-inflamasi, anti-jamur dan anti-mikroba dalam tubuh.

Pada satu penelitia hewan, bee polle dapat menghambat aktivitas sel mast yang merupakan langkah krusial yang dapat mencegah alergi.

Bee pollen biasanya memiliki rasa pahit menurut beberapa orang, bagi Anda yang ingin mengonsumsiny, bisa mengkombinasikan bee pollen dengan yogurt, sereal atau menambahkannya pada smoothies.

  • Buah Sitrus

Diketahui bahwa buah sitrus mengandung vitamin C tinggi sehingga dapat mencegah pilek serta mempersingkat durasinya terutama bagi penderita alergi.

Mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin C telah menunjukan dapat menurunkan frekuensi rhititis alergi, yang merupakan iritasi pada saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh serbuk sari.

Sehingga ketika memasuki musim alergi, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin C seperti sitrus, jeruk, lemon, jeruk nipis, paprika manis dan buah beri.

  • Kunyit

Kunyit sudah dikenal karena memiliki sifat anti-inflamasi. Curcumin merupakan bahan aktif yang dapat meredakan gejala peradangan dan membantu mengatasi pembengkakan dn iritasi yang disebabkan oleh rhintitis alergi.

Meskipun efek kunyit pada alergi musiman belum dipelajari secara luas pada manusia, namun sudah ada bukti kuat yang dilakukan dan hasilnya sangat menjanjikan.

Salah satunya menjukan bahwa  kunyit dapat membantu mengatasi respon alergi pada tikus.

  • Tomat

Meskipun buah sitrus cenderung tinggi vitamin C, tomat juga merupakan sumber nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan ubuh. Satu buah tomat ukuran sedang mengandung sekitar 26% dari kebutuhan harian vitamin C.

Selain itu, tomat mengandung lycopene yang merupakan senyawa yang dapat membantu meredakan inflamasi sistemik. Lycopene lebih mudah diserap dalam tubuh setelah d masak.

  • Salmon dan Ikan Berminyak

Ada beberapa bukti yang menunjukan bahwa asam lemak omega-3 dari ikan dapat meningkatkan resistensi alergi Anda dan bahkan meningkatkan asma.

Penelitian Jermn dari tahun 2005 menemukan bahwa semakin banyak orang yang memiliki asam lemak eicosapentaenoic (EPA) dalam aliran darah mereka, semakin sedikit resiko sensitivitas alergi atau demam.

Penelitian terbaru menunjukan bahwa asam menurunkan penyempitan saluran udara yang teradi pada asma dan kasus alergi musaiman. Manfaat ini diketahui berasal dari sifat anti-inflamasi omega 3.

  • Bawang Putih

Bawang putih merupakan sumber quercetin yang baik untuk kesehatan. Beberapa penelitian menunjukan bahwa quercetin bertindak sebagai antihistamin yang dapat mengurangi gejala alergi musiman.

Karena bawang putih uga mengandung anti-inflamasi dan antioksidan lainya sehingga sangat cocok untuk Anda konsumsi.

Bawang merah mentah memiliki konsentrasi quercetun tertinggi, diikuti oleh bawang putih dan daun bawang.

Bagi Anda yang memiliki alergi musiman, mengonsumsi makanan-makanan di atas dapat membantu mengatasi gejala yang ditimbulkannya.

Tentunya menjaga kesehatan dan menghidari pemicu alergi menjadi cara utama agar alergi yang Anda miliki tidak sering kambuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!