15 Makanan yang Membantu Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

15 Makanan yang Membantu Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

15 Makanan yang Membantu Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

acepherbal.com – Sistem imun yang kuat dapat membantu seseorang menjaga kesehatannya. Dapatkah makanan tertentu membantu meningkatkan sistem imun?

Sistem imun sendiri terdiri dari organ, sel, jaringan dan protein. Secara bersama-sama, keduanya menjalankan proses tubuh untuk melawan patogen, yaitu virus, bakteri dan benda asing yang menyebabkan infeksi atau penyakit.

Ketika sistem imun kontak dengan patogen maka akan memicu respon imun. Sistem imun tersebut akan mengeluarkan antibodi, yang akan mengikat antigen pada patogen dan membunuhnya.

15 Makanan yang Membantu Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Pola makan yang sehat dan seimbang merupakan peran penting agar tubuh tetap sehat. Berikut beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan sistem imun, diantaranya;

1. Blueberry

Blueberry mengandung jenis flavonoid yang disebut dengan anthosyanin, yang memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem imun seseorang.

Sebuah penelitian tahun 2016 mencatat bahwa flavonoid memainkan peran penting dalam sistem pertahanan kekebalan saluran pernapasan.

Para ahli menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan yang tinggi flavonoid kecil kemungkinannya untuk mengalami infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) atau flu daripada mereka yang tidak mengonsumsi blueberry.

2. Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung antioksidan yang disebut dengan theobromine, yang dapat membantu meningatkakn sistem imun dengan menjaga sel tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas merupakan molekul yang dihasilkan tubuh yang berasal dari pemecahan makanan atau dari kontak dengan polutan. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel tubuh dan memicu penyakit tertentu.

Selain manfaat yang dimilikinya, cokelat hitam tinggi akan kalori dan lemak jenuh sehingga sangat penting untuk mengonsumsinya dalam porsi yang tepat.

3. Kunyit

Kunyit merupakan rempah berwarna kuning yang sering digunakan unutk memasak. Rempah ini juga sering digunakan dalam pengobatan alternatif.

Mengonsumsi kunyijt dapat meningkatkan respon imun seseorang. Hal ini dikarenakan kandungan curcumin yang ada dalam kunyit. Pada tinjauan tahun 2017, curcumin memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi.

4. Ikan Berminyak

Salmmon, tuna, pilchards dan ikan berminyak lainnya diketahui memiliki sumber asam lemak omega-3. Menurut laporan tahun 2014, konsumsi asam lemak omega-3 jangka panjang dapat mengurangi resiko dari rheumatoid arthritis (RA)

RA merupakan kondisi autoimun kronis yang terjadi ketika sistem imun menyerang bagian tubuh yang sehat.

5. Brokoli

Brokoli merupakan sumber terbaik dari vitamin C. Sayuran ini juga mengandung antioksidan yang kuat seperti sulforaphane. Dengan begitu, brokoli menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi setiap hari dalam mendukung kesehatan sitem imun.

6. Ubi Jalar

Ubi jalar kaya akan beta-carotene, jenis antioksidan yang memberikan warna oranye pada ubijalar. Beta-carotene juga merupakan sumber dari vitamin A, yang dapat membantu kulit menjadi lebih sehat bahkan dapat memberikan perlindungan dari kerusakan kulit sinar ultraviolet yang menyerang kulit.

7. Bayam

Bayam dapat meningkatkan sistem imun, karena mengandung banyak nutrisi penting dan antioksidan seperti:

  • Flavonoid
  • Carotenoid
  • Vitamin C
  • Vitamin E

Vitamin C dan E dapat membantu mendukung sistem imun. Bahkan para ahli mengindikasikan bahwa flavonoid dapat membantu mencegah flu sekalipun pada orang-orang yang sehat.

8. Jahe

Kebanyakan orang menggunakan jahe dalam berbagai makanan ataupun diolah menjadi teh. Menurut salah satu tinjauan, jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan oksidatif dan lebih memungkinkan memiliki manafaat yang menyehatkan.

Meskipun begitu masih dibutuhkan penelitian lebih untuk mengonfirmasi apakah jahe ini benar-benar efektif untuk mencegah penyakit atau tidak.

9. Bawang Putih

Bawang putih merupakan pengobatan tradisional yang dapat mencegah flu dan penyakit lainnya. Pada salah satu tinjauan menunjukan mengonsumsi suplemen bawang putih yang mengandung allicin dapat mengurangi resiko untuk terkena flu.

Pada kelompok yang mengonsumsi placebo memiliki 2 kali lipat kemungkinan untuk terkena flu daripada mereka yang mengonsumsi suplemen bawang putih.

Namun, para ahli menyimpulkan bahwa penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk menemtukan apakah bawang putih ini memang dapat mencegah flu atau tidak.

10. Teh Hijau

Teh hijau mengandung sedikit kafein, sehingga Anda dapat menikmatinya sebagai alternatif kopi dan teh hitam.

Minum teh hijau juga dapat menguatkan sistem imun. Sama dengan blueberry, teh hijau juga mengandung flavonoid yang dapat mengurangi resiko flu.

11. Kefir

Kefir merupakan minuman fermentasi yang mengandung kultur bakteri hidup yang bermanfaat bagi kesehatan. Penelitian awal menyebutkan bahwa minum kefir dapat meningkatkan sistem imun. Menurut tinjauan tahun 2017, beberapa studi telah menunjukan bahwa konsumsi kefir secara rutin dapat membantu:

  • Melawan bakteri
  • Mengurangi peradangan
  • Meningkatkan aktivitas antioksidan

12. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari menjadi tambahan yang lezat pada salad atau sarapan. Jenis biji-bijian ini kaya akan sumber vitamin E yang merupakan bagian dari antioksidan.

Pada cara yang sama sebagai antioksidan, vitamin E dapat meningkatkan fungsi imun dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel.

13. Almond

Almond merupakan sumber vitamin E lainnya yang mengandung mangan, magnesium dan serat. Segenggam atau seperempat cangkir almon dapat menjadi camilan sehat yang bermanfaat untuk sistem imun.

14. Jeruk dan Kiwi

Jeruk dan kiwi merupakan sumber yang baik dari vitamin C, yang merupakan vitamin yang dibutuhkan banyak orang terutama jika mereka sedang terkena flu.

Untuk saat ini para ahli masih belum yakin sepenuhnya bagaimana buah-buahan ini membantu meredakan serangan flu. Akan tetapi vitamin C dipercaya dapat mengurangi durasi dari gejala flu dan meningkatkan fungsi sistem imun tubuh.

15. Paprika Merah

Untuk Anda yang sedang menghindari kandungan gula dalam buah, paprika merah bisa menjadi solusi alternatif untuk mendapatkan vitamin C.

Anda nisa menumis atau memanggang paprika merah ini. Untuk menjaga kualitas kandungannya Anda lebih disarankan memasaknya dengan cara di kukus atau direbus.

Itulah 15 jenis makanan yang bisa Anda nikmati sekaligus bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Hal yang perlu diingat adalah bahwa sistem imun ini bersifat kompleks, sehingga mengonsumsi diet seimbang yang sehat bisa menjadi salah satunya.

Selain pola makan, pola hidup juga merupakan faktor penting untuk menjaga sistem imun, seperti rajin olahraga dan tidak merokok.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!