5 Makanan untuk Meningkatkan Fungsi Otak

5 Makanan untuk Meningkatkan Fungsi Otak

5 Makanan untuk Meningkatkan Fungsi Otak

acepherbal.com – Makanan yang kita konsumsi memiliki dampak besar terhadap struktur dan kesehatan otak. Mengonsumsi makanan juga dapat mendukung fungsi otak jangka panjang maupun jangka pendek.

Otak merupakan organ intensif energy yang menggunakan sekitar 20 persen dari kalori tubuh, sehingga dibutuhkan asupan makanan yang cukup untuk mempertahankan konsentrasi sepnjang hari.

Otak juga membutuhkan nutrisi tertentu agar tetap sehat. Misalnya asam lemak omega tingga ang dapat membantu membangun dan mmperbaiki sel-sel otak.

Antioksidan dapat mengurangi stre seluler dan peradangan yang berkaitan dengan penuaan otak dan gangguan neurodegenerative seperti penyakit Alzheimer.

5 Makanan untuk Meningkatkan Fungsi Otak

  • Ikan Berminyak

Ikan berminyak merupakan sumber yang baik asam lemak mega 3 yang membantu membenuk membrane disetiap sel dalam tubuh termasuk sel otak.  Asam lemak omega-3 dapat meningkatkan struktur otak pada sel otak yang disebut dengan neuron.

Pada penelitian 2017 menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi omega-3 yang tinggi dapat meningkatkan aliran darah pada otak. Peneliti uga mengindentifikasi hubungan antara kadar omega-3 dan fungsi konitif dan kemampuan berpikir.

Hasil ini membuktikan bahwa makanan yang tinggi omega-33 seperti ikan berminyak dapat meningkatkan fungsi otak. Beberapa makanan yang tinggi omega-3 diantaranya, salmon, makarel, tuna, hering dan sarden.

Selain dari ikan berminya, omega-3 ini juga bisa di dapatkan dari kacang kedelai, kacang tanah, flaxseed dan biji-biji lainnya.

  • Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung kokoa atau uga kakao yang mengandung flavonoid yang merupakan salah satu enis antioksidan.

Antioksidan sangatlah penting uuntuk kesehatan otak yang mana otak rentan terhadap stress oksidatif yang berkontribusi terhadap penurunan fungsi kogitif yang berkaitan dengan usia juga penyakit pada otak.

Flavonoid kakao tampaknya aik untuk kesehtan otak. Menurut review 2013, mereka dapat mendorong pertumbuhan neuron dan pembuluh darah di bagian otak yang melibatkan memori dan kemampuan belajar. Selain itu, flavonoid juga dapat menstimulasi aliran darah ke otak..

Beberapa penlitian juga menunjukan bahwa kandungan flavonoid dari cokelat baik untuk gangguan ingatan pada siput namun penelitian pada manusia masih dibutuhkan pada manusia.

Namunpenelitian tahun 2018 pada mansia juga mendukung peningatkan fungsi otak ari cokelat hitam. Para peneliti menggunakan metode pencitraan untuk melihat akitivitas di otak setelah parisipan makan cokelat dengan setidaknya 70% kandungan kakao.

Kesimpulan dari penelitian tersebut menyimpulkan bahwa mengonsumsi jenus cokelat hitam terssebut dapat meningkatkan plastisitas otak yang sangat krusial untuk belajar juga menyediakan menfaat yang berhubungan dengan kesehatan otak.

  • Buah Beri

Seperti halnya cokelat hitamo, banyak dari jenis buah beri mengandung antioksidan flavonoid. Para peneliti menuukan bahwa kandungan tersebut mebuat buah beri baik untuk kesehatan otak.

Antioksidan membantu mengurangi peradangan stress oksidatif. Antioksidan yang terdapat dalam buah beri diantaranya antosianin, asam cefeic, catechin dan quercetin.

Sebuah tinjauan mencatat bahwa kandungan antioksidan dalam buah beri memiliki efek positif pada otak, termasuk:

  • Meningkatkan komunukasi antara sel otak
  • Mengurangi peradangan di seluruh tubuh
  • Meningkatkan plastisitas yang membantu sel-sel oak memebentuk sel otak untuk membentuk koeksi baru yang dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran dan daya ingat
  • Menguragi atau memperlambat penyakit neurodegenerative yang berkaitan dengan usia dan penurunan kognitif

Adapaun jenis buah beri yang mengandung antiokiddan tinggi diantaranya stroberi, blackberry, blueberry, dan mulberry.

  • Kacang dan Biji-bijian

Mengonsumsi kacoang dan biji-bijian juga dapat baik untuk kesehtan otak karena juga mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan

Pada stui tahun 2014 menemukan bahwa asupan kacang secara keseluruhan yang lebih tinggi dikaitkan dengan fungsi otak yang lebih baik seiring bertambahnya usia,

Kacang dan biji-biian juga kaya akan antioksidan vitamin E yang dapat melindung sel dari stress oksidatif yang menyebabkan radikal bebas.

Seiring bertambahnya usia, otak seseorang akan terkena bentuk dari stress oksidatif, dengan asupan vitamin E dapat mendukung kesehatan otak.

Juga penelitian pada tahun 2014 menemukan bahwa vitamin E juga dapat berkontriusi untuk meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi resiko dari penyakit Alzheimer.

Kacang dan biji-bijian dengan kandungan vitamin E yang tinggi diantaranya biji bunga matahari, almond dan hazelnut. Sepenuhnya mengeksplorasi efek vitamin E pada otak akan memerlukan penelitian lebih lanjut.

  • Gandum Utuh

Mengonsumsi gandum utuh merupakan cara lain untuk mendapakan vitamin E. Dengan biji-bijian ini sumber vitamin yang baik, ada pun beberapa makanan yang mengandung sumber vitamin E ini adalah:

  • Beras cokelat
  • Jelai
  • Oatmeal
  • Roti gandum
  • Pasta gandum utuh

Makanan yang ada di atas dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dan dapat mengurangi resiko stroke dan penyaki neurogeneratif yang berkaitan dengan usia seperti Alzheimer dan Parkinson.

Beberapa makanan yang mengandung senyawa seperti asam lemak yang dapat meningkatkan struktur sel otak yang disebut neuron. Senyawa lain seepertii gula dan asam lemak diketahu dapat merukan struktur sel otak.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!