Daftar Makanan untuk Meredakan Sakit Perut

Daftar Makanan untuk Meredakan Sakit Perut

Daftar Makanan untuk Meredakan Sakit Perut

acepherbal.com – Hampir bisa dipastikan setiap orang pernah mengalami sakit perut dan banyak sekali hal-hal yang hal-hal yang menyebabkan sakit perut.

Penyebab sakit perut jangka pendek atau akut meliputi keracunan makanan dan virus yang masuk ke dalam saluran cerna. Gejala-gejala sakit perut akut ini biasanya meyebakan mual, muntah dan diare.

Sementara sakit perut jangka panjang atau kronis dapat disebabkan oleh sindrom iritasi usus dan penyakit radang usus, gejalanya dapat meliputi diare, konstipasi dan perut kembung.

Beberapa makanan dapat memperburuk gejala dari sakit perut ini namun juga ada diantaranya yang dapat membantu meredakan gejalanya.

Daftar Makanan untuk Meredakan Sakit Perut

Berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu mengatasi sakit perut atau mencegah komplikasi lebih lanjut.

1. Air Putih

Seseorang biasanya kehilangan cairan ketika mengalami diare dan muntah-muntah. Mereka yang mengalami kondisi ini membutuhkan cairan tambahan dan elektrolit untuk mencegah dehidrasi.

Pihak medis terkadang merekomendasikan air putih untuk membantu mengatasi sakit perut, berikut beberapa jenis minuman yang dapat membantu mengganti air dan elektrolit tanpa mengakibatkan sakit perut lebih jauh diantaranya:

  • Air putih
  • Air kaldu bening
  • Air perasan buah
  • Es buah atau jus buah yang dibekukan
  • Minuman elektroli
  • Teh herbal

Minum air yag cukup juga ppenting untuk mereka yang mengalami konstipasi. Cairan membantu feses menjadi lebih lunak sehingga dapat membantu melancarkan buang air besar.

2. Air Kaldu

Jika seseorang tidak bisa mengonsumsi makanan padat ketika saki perut berlangsung, air kaldu dapat menjadi alernatif pengganti makanan.

Air kaldu terutama kaldu tulang mengandung asam amino glutamin. Sebuah studi tahun 2017 mencatat bahw glutamin memainkan peran penting dalam menjaga penghalang usus (Intestial Barier),

IB ini membantu melindungi tubuh dari patogen berbahaya dan racun juga membantu seseorang untuk menyerap air dan protein dari makanan yang mereka konsumsi.

Menurut review dari tahun 2009, disfungsi IB merupakan faktor terbesar yang mengaruhi berapa penyakit seperti:

  • Alergi makanan
  • Penyakit radang usus
  • Penyakiat celiac

3. Saus Apel

Apel mengandung antioksidan yang disebut dengan polifenol. Menurut tinjauan tahun 2015, polifeol membantu mengurangi peradangan yang berhubungan dengan penyakit radang usus. Menurut tinjauan tersebut, polifenol dapat membantu:

  • Menjaga respon imun denga mengontrol peradangan
  • Mlindungi lapisan usus dari keruskan
  • Meningkatkan mikrobioma usus, yang merupakan istilah untuk triliuinan mikroorganisme yang hidup di dalam saluran pencernaan.

Apel yang direbus atau saus apel lebih mudah dicerna dari pada buah apel secara utuh.

4. Pisang

Pisang dapat membantu menggati kalium dan elektrolit lainnya yang mungkin berkurang dari tubuh akibat muntah ataupun diare.

Pisang memang sangat disarankan untuk mereka yang mengalami sakit perut dengan diare karena mudah untuk dicerna juga dapat membantu mencegah sakit perut lebih lanjut.

5. Jahe

Jahe dapat membantu mengatasi mual. Anda dapat membuah teh jahe dengan mengiris jahe segar dan menyeduhnya dengan air panas. Mengonsumsi teh jahe ini dapat membantu mengatasi sakit perut, juga sifat anti-inflamasi di dalamnya dapat membantu meredakan radang usus.

Studi tahun 2019 menginvestigasi efek dari suplemen ahe pada partisipan dengan kolitis ulserativa, yang merupakan bentuk dari peradangan.

Selama 12 minggu, partisipan dengan kolitis ulserativa ringan hingga sedang menerima 2 gram suplemen jahe dan placebo.

Partisipan yang mengonsumsi suplemen jahe menunjukan mengurangi aktivitas penyakit dan meningkatkan kualitas hidup dengan mereka yang mengonsumsi placebo.

Namun penulis mencatat bahwa para ahli membutuhkan penelitian lebih lanjut menggunakan dosis yang berbeda dan durasi dari suplemen jahe untuk mengonfimsi penemun tersebut.

6. Biji Rami untuk Konstipasi

Orang-orang yang mengalami sembelit dapat mencoba minyak biji disertai dengan meningkatkan asupan cairan. Kombinasi ini dapat memperlunak feses dan membantu seseorang untuk melancarkan buang air besar.

Anda juga dapat menambahkan biji rami pada sereal atau smoothie. Cobalah untuk minum air dan biji rami, jika tidak, feses menjadi lebih keras dan memperburuk konstipasi.

7. Makanan Kaya Probiotik

Probiotik sangatlah bermanfaat untuk kesehatan termasuk sistem pencernaan dan sistem imun. Orang-orang dapat mengonsumsi suplemen probiotik atau mengonsumsi makanan yang secara alami mengandung probiotik.

Probiotik dapat menadi pengobatan tambahan untuk mereka yang memiliki masalah pencernaan kronis terutama ika mereka sudah mengonsumsi anti-biotik.

Makanan kaya probiotik mungkin tidak cocok untuk mengalami sakit perut akibat muntah dan diare. Namun setelah kondisi ini terselesaikan, seseorang dapat mengonsumsi probiotik untuk mengganti bakteri baik di usus.

Berikut beberapa jenis makanan yang mangandung probiotik diantaranya:

  • Yogurt tanpa pemanis
  • Kefir
  • Miso
  • Tempe
  • Kombucha
  • Kimchi

Seseorang yang mengalami sakit perut biasanya tidak dapat mengonsumsi makanan apapun. Namun, mereka tetap harus minum banyak air untuk mencegah dehidrasi.

Makanan hambar atau makanan dengan bau yang tidak kuat dapat membantu memuaskan rasa lapar tanpa memperparah sakit perut. Beberapa makanan di atas di percaya mampu mengganti elektrolit yang hilang akibat muntah dan diare.

Makanan tertentu diketahui dapat memperparah kondisi sakit perut atau kondisi pencernan yang melatarbelakanginya seperti serat tak larut, makanan yang digoreng dan berlemak dan makanan tinggi gula.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!