10 Makanan yang Baik untuk Organ Hati

10 Makanan yang Baik untuk Organ Hati

10 Makanan yang Baik untuk Organ Hati

acepherbal.com – Organ hati bertugas untuk memecah karbohidrat menjadi glukosa dan mendetoksifikasi tubuh dari racun. Hati juga memiliki peran untuk menyimpan nutrisi dan menghasilkan empedu yang penting untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Ada banyak sekali makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi yang dapat membantu melindungi organ hati.

Kondisi organ hati dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Disfungsi hati dapat menyebabkan penyakit hati, gangguan metabolik bahkan diabetes.

Karena kemungkinan sangat sulit untuk mengelola faktor resiko yang mendasarinya, mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu menjaga kesehatan hati.

10 Makanan yang Baik untuk Organ Hati

1. Oatmeal

Mengonsumsi oatmeal dapat menjadi cara yang paling mudah untuk memenuhi asupan serat. Serat merupakan komponen penting terutama pada proses pencernaan. Terutama serat dalam oat dapat membantu kesehatan hati. Oatmeal juga mengandung senyawa tinggi yang disebut dengan beta-glucan.

Dari penelitian yang ditulis dalam International Journal of Molecular Sciences tahun 2017 melaporkan, beta-glukan merupakan yang aktif dalam tubuh secara biologi.

fZat ini dapat membantu memodulasi sistem imun dan meredakan peradangan dan terutama sangat baik untuk mencegah diabetes dan obesitas.

Tinjauan tersebut juga mencatat bahwa beta-glukan dari oat menunjukan dapat membantu mengurnagi jumlah lemak yang tersimpan dalam hati tikus, yang juga dapat membantu melindungi organ hati.

Oatmeal kemasan mungkin mengandung bahan tambahan seperti tepung atau gula yang tidak akan bermanfaat untuk tubuh.

2. Teh Hijau

Sebuah studi pada tahun 20115 dalam World Journal of Gastroenterology mencatat bahwa teh hijau dapat membantu mengurangi kandungan secara keseluruhan, melawan stres oksidatif dan mengurangi gejala penyakit hati non-alokohol.

Penelitian tersebut mencatat bahwa tidak ada rekomendasi spesifik untuk orang-orang yang dengan kondisi tersebut dan untuk mengonsumsi teh hijau, namun kaitan antara manfaat teh dan kesehatan hati sangatlah menjanjikan.

3. Bawang Putih

Menambahkan bawang putih dalam menu makan dapat membantu menstimulasi kesehatan organ hati. Sebuah penelitian tahun 2016 dalam Advanced Biomedical Research mencatat bahwa konsumsi bawang putih dapat membantu menurunkan berat badan.

Diketahii juga bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan kandungan lemak pada orang-orang dengan penyakit perlemakan hati, dengan tanpa mengubah massa tubuh mereka. Bawang putih sangat bemanfaat, dimana obesitas merupakan faktor kontribuasi pada penderita perlemakan hati.

5. Buah Beri

Buah beri dengan warna gelap seperti blueberry, raspberry dan cranberry mengandung antioksidan yang disebut dengan polifenol yang dapat membantu menjaga organ hati dari kerusakan.

Pada penelitian yang terdapat dalam World Journal Gastroenterology menyebutkan, mengonsumsi buah beri secara rutin dapat membantu menstimulasi sistem imun.

6. Anggur

Penelitian yang masih berasal dari World Journal Gastroenterology melaporkan bahwa anggur, jus anggur dan biji anggur kaya akan antioksidan yang membantu organ hati dalam mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan hati.

Mengonsumsi buah anggur berbiji merupakan cara yang mudah untuk mendapatkan manfaat dari buah anggur ini.

7. Buah Sitrus

World Journal Gastroenterology juga menyebutkan bahwa buah sitrus juga mengandung antioksidan primer seperti naringin dan narigenin. Kedua jenis antioksidan tertentu dapat membantu menjaga organ hati dari cedera dengan mengurangi peradangan dan menjaga sel hati.

Kandungan tersebut juga dapat mengurangi penumpukan lemak dalam hati dan meningkatkan enzim untuk membakar lemak.

8. Prickly Pear

Buah dan jus prickly pear dapat bermanfaat untuk kesehtan organ hati secara kesuluruhan. World Journal Gastroenterology menyebutkan bahwa senyawa dalam buah tersebut dapat membantu melindungi organ tubuh.

9. Makanan Berbahan Dasar Tumbuhan

Sebuah penelitian pada tahun 2015 yang menunjukan pada jurnal Evidence-based Complementary and Alternative Medicine melaporkan bahwa makanan yang berasal dari tumbuhan seperti sayur dan buah dapat membantu menjaga kesehatan hati, diantaranya:

  • Alpukat
  • Pisang
  • Jelai
  • Buah dan jus bit
  • Brokolo
  • Nasi cokelat
  • Wortel
  • Buah ara
  • Kale
  • Lemon
  • Pepaya
  • Semangka

Makanan-makanan tersebut dapat menjadi bagian dari diet seimbang.

10 Ikan Berlemak

Sebuah penelitian dari World Journal Gastroenterology menunjukan, bahwa mengonsumsi ikan berlemak dan suplemen minyak ikan dapat membantu mengurangi dampak dari penyakit perlemakan hati.

Ikan berlemak kaya akan asam lemak omega-3, yang merupakan lemak sehat yang dapat membantu meredakan peradangan.

Lemak-lemak sangat membantu terutama untuk kesehatan hati yang bertugas untuk mencegah penumpukan kelebihan lemak dan memertahankan kadar enzim dalam hati.

Dari penelitian tersebut merekomendasikan untuk mengonsumsi ikan berlemak 2 kali dalam seminggu. Jika kesulitan untuk mendapatkan ikan berlemak seperti herring atau salmon, mengonsumsi suplemen minyak ikan bisa menjadi alternatifnya.

Organ hati memainkan peran penting dalam tubuh dan menjaga asupan makanan dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk mempertahankan kesehatan hati.

Memilih makanan yang tepat sangat baik untuk kesehtan hati dan mencegah dari berbagai gangguan kesehatan di kemudian hari.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!