10 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ketika Sakit

10 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ketika Sakit

10 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ketika Sakit

“Biarkan makanan menjadi obatmu, dan obat adalah makananmu.” – Hippocrates

Ungkapan di atas memang benar, dimana makanan dapat memberikan dan menyediakan lebih dari sekedar energi. Ketika Anda sakit, mengonsumsi makanan yang tepat sangatlah penting.

Makanan-makanan tertentu memiliki sifat yang kuat untuk melawan penyakit. Bahkan makanan tersebut dapat membantu meredakan gejala penyakit sehingga Anda dapat sembuh lebih cepat.

10 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ketika Sakit

  • Sup Ayam

Sup ayam telah direkomendasikan sebagai obat flu selama ratusan tahun yang lalu. Sup ayam merupakan sumber vitamin, mineral, kalori dan protein ketika dikonsumsi. Semua kandungan tersebut merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang besar terutama ketika sakit.

Sup ayam juga kaya akan sumber cairan dan elektrolit yang baik, keduanya merupakan zat yang sangat penting untuk menghidrasi tubuh terutama jika Anda sering buang air kecil.

Tubuh Anda akan membutuhkan banyak cairan terutama ketika demam. Terlebih lagi, satu penelitian menemukn bahwa sup ayam lebih efektif membersihkan lendir hidung daripada cairan lainnya.

Hal ini menandakan bahwa sup aya berperan sebagai dekongestan alami dikarenakan uap panas yang dihasilkannya.

Alasan lain untuk mengonsumsi sup ayam ketika sakit adalah karena kandungan asam amino sistein yang ada di dalamnya. N-asetil-sisten, merupakan bentuk sistein yang dapat memecah lendir dan memiliki efek anti-virus, anti-inflamasi dan antioksidan.

Sup ayam juga mencegah aksi neutrofil, yaitu sel darah putih yang menyebabkan gejala seperti batuk dan hidung tersumbat.

  • Air Kaldu

Mirip seperti sup ayam, air kaldu merupakan sumber terbaik untuk menghindrasi tubuh ketika sakit. Air kaldu penuh dengan cita rasa dan mengandung vitamin, kalori serta mineral diantaranya magnesium, kalsium, folat dan fosfor.

Jika Anda mengonsumsi air kaldu dalam keadaan hangat, akan sangat bermanfaat sebagai dekongestan alami karena adanya uap panas.

Mengonsumsi air kaldu merupakan cara terbaik untuk tetap terhidrasi dan kaya rasa sehingga Anda tidak akan bosan mengonsumsinya. Hal ini sangat membantu jika perut Anda tidak nyaman dan tidak dapat mengonsumsi makanan padat.

Apabila Anda sensitif terhadap garam, cobalan untuk mengonsumsi air kaldu dengan kadar sodium rendah.

  • Bawang Putih

Bawang putih memiliki berbagai manfaat kesehatan dan telah digunakan sebagai herbal pengobatan selama berabad-abad lamanya karena menunjukan sifat anti-bakteri, anti-virus dan anti-jamur.

Bawang putih juga dapat menstimulasi sistem imun. Beberapa penelitian pada manusia menunjukan efek bawang putih terhadap pengobatan flu.

Pada salah satu studi menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi bawang putih lebih jarang sakit dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Secara keseluruhan, kelompok yang mengonsumsi bawang putih menunjukan 70% lebih sehat dari pada kelompok yang mengonsumsi plasebo.

Pada studi lainnya, orang-orang yang mengonsumsi bawang putih tidak hanya jarang sakit, tapi 3.5 hari lebih cepat sembuh dari pada mereka yang mengonsumsi plasebo.

Menambahkan bawang putih pada sup ayam maupun air kaldu dapat menambah rasa pada masakan dan lebih efektif untuk meredakan gejala flu.

  • Air Kelapa

Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah hal yang sangat penting ketika kita jatuh skit. Hidrasi terutama penting jika kita terkena demam, banyak berkeringat atau muntah atau bahkan diare dimana kondisi tersebut dapat menyebabkan tubuh kita kehilangan banyak cairan dan elektrolit.

Air kelapa adalah minuman terbaik untuk dikonsumsi ketika sakit. Selain rasa manisnya, air kelapa juga mengandung glukosa dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk tetap terhidrasi.

Studi menunjukan bahwa air kelapa dapat membantu menghidrasi kembali apabila Anda mengalami diare ringan. Hal ini juga tidak menyebabkan perut tidak nyaman dari pada minuman serupa.

Selain itu, beberapa penelitian pada hewan juga menemukan bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang dapat melawan kerusakan oksidaif juga membantu meningkatkan kontrol pada gula darah.

Namun pada satu studi menemukan bahwa air kelapa dapat menyebakan kembung lebih dari minuman elektrolit lainnya. Ada baiknya Anda mencobanya dengan porsi sedikit terlebih dahulu jika belum pernah mencobanya.

  • Teh Panas

Teh merupakan obat terfavorit untuk berbagai gejala yang berkaitan dengan pilek dan flu. Seperti halnya sup ayam, teh panas juga merupakan dekongestan alami hyang dapat membantu membersihkan sinus dari lendir.

Meskipun teh kebanyakan mengandung kafein namun karena jumlahnya terlalu sedikit sehingga tidak akan menyebabkan dehidrasi.

Bisa dikatakan bahwa meminum teh dapat membuat Anda terhidrasi dan bertindak sebagai dekongestan dalam waktu yang bersamanaan.

Teh mengandung polifenol yang merupakan zat alami yang ditemukan dalam jumlah besar yang baik untuk kesehatan.

Tanin merupakan jenis polifenol ditemukan dalam teh. Selain berttindak sebagai anti-oksidan, tanin juga memiliki siat anti-virus, antibakteri dan anti-jamur.

Salah satu penelitian pada tikus mennjukan bahwa asam tanat pada teh hitam dapat membantu menurunkan jumlah dari bakteri yang dapat berkembang dalam tenggorokan.

  • Madu

Madu memiliki efek anti-bakteri, yang kuat, hal ini dikarenakan senyawa anti-mikrobanya yang tinggi. Faktanya, madu memiliki efek anti-mikroba kua yang telah digunakan sebagai pembalut luka oleh orang Mesir kuno dan masih digunakan hingga saat ini.

Beberapa bukti menunjukan bahwa madu juga dapat menstimulasi sistem imun. Sehingga madu sangat baik dikonsumsi ketika sakit terutama jika Anda mengalami sakit tenggorokan.

Banyak penelitian menunjukan bahwa madu menekan frekuensi batuk pada anak-anak, namun perlu diingat bahwa madu tidak disarankan untuk dikonsumsi dibawah usia 12 bulan.

  • Jahe

Jahe dikenal memiliki efek anti-mual dikarenakan jahe secara efektif dapat meredakan mual terutama pada ibu hamil dan mereka yang menjalani pengobatan kanker.

Ditambah lagi, jahe bertidak mirip seperti obat anti-inflamasi non-steroid. Jahe juga terbukti memliki antioksidan, antimikroba dan anti-kanker.

Sehingga jika Anda merasakan mual, jahe menjadi makanan terbaik untuk meredakan gejalanya. Walaupun Anda tidak mual, jahe memiliki banyak manfaat sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika sakit.

  • Pisang

Pisng merupakan makanan terbaik yang dikonsumsi ketika sakit. Rasanya yang ringan ketika dikonsumsi namun juga menyediakan banyak nutrisi dan kalori.

Untuk alasan ini, pisang menjadi makanan yang direkomendasikan terutama jika Anda mual. Manfaat dari pisang lainnya adalah serat larut yang dimilikinya.

Jika Anda mengalami diare, pisang menadi makanan terbaik yang dapat dikonsumsi karena kandungan serat yang dapat meredakan diare.

  • Oatmeal

Seperti halnya pisang, oatmeal juga kaya akan kalori, vitamin dan mineral yang Anda butuhkan ketika sakit. Oatmeal juga mengandung beberapa prrotein sekitar 5 gram dalam 1/2 cangkir. Oatmeal juga mengandung berbagai manfaat kesehatan seperti menstimulasi sitem imun.

Pada penelitian yang dilakukan pada tikus juga menunjukan bahwa beta-glucan yang merupakan jenis serat dalam oatmel, dapat membantu menurunkan peradangan dalam pencernaan. Hal ini dapat membantu meredakan kram usus, perut kembung dan diare.

  • Yogurt

Yogur menyediakan 150 kalori dan 8 gram protein per cangkirnya. Sifatnya yang dingin juga dapat meredakan dan melegakan tenggorokan. Yogurt kaya akan kalsium dan diperkaya vitamin dan mineral juga probiotik.

Bukti menunjukan bahwa probiotik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga lebih jarang untuk menderita flu sehingga lebih sedikit mengonsumsi antibiotik.

Beristirahat, minum air yang cukup sehingga mendapatkan nutrsi yang baik merupakan hal yang sangat penting ketika Anda sedang sakit sehingga dapat pulih lebih cepat.

Sehingga mengonsumsi makanan yang tepat dapat mendukung daya tahan tubuh untuk membantu meredakan gejala dari sakit sedang dialami.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!