10 Makanan yang Membantu Mengurangi Sembelit

10 Makanan yang Membantu Mengurangi Sembelit

10 Makanan yang Membantu Mengurangi Sembelit

acepherbal.com – Konstipasi merupakan gangguan yang sering terjadi akibat pola makan yang tidak beraturan. Mengonsumsi makanan tertentu dapat membantu meningkatkan frekuansi buang air besar.

10 Makanan yang Membantu Mengurangi Sembelit

Usus seseorang merespon makanan dengan cara yang berbeda. Berikut beberapa makanan yang direkomendasikan untuk membantu melancarkan pencernaan, diantaranya:

1. Air

Dehidrasi merupakan penyebab umum dari sembelit dan minum air yang banyak sering dapat membantu meredakan gejala sembelit.

Ketika seseorang dehidrasi, usus tidak akan mendapatkan air yang cukup pada feses. Kondisi ini menyebabkan feses menjadi kering dan keras yang menyebabkan sembelit.

2. Yogurt dan Kefir

Berbagai produk susu, termasuk yogurt dan kefir mengandung mikroorganisme yang dikenal sebagai probiotik.

Probiotik sering disebut dengan bakteri baik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan melunakan feses.

Pada penelitian tahun 2014, para ahli menginvestigasi penggunaan yogurt probiotik tanpa rasa yang mengandung polydextrose, lactobacillus acidophilus dan bifidobacterium lactis untuk mengobati sembelit.

Para ahli menemukan bahwa mengpnsumsi 180 milimiter yogurt setiap pagi selama 2 minggu untuk membersingkat waktu yang dibutuhkan untuk buang air besar pada penderita sembelit kronis.

3. Sup Bening

Sup bening sangat bernutrisi dan mudah dicerna. Kandungan dari sup bening dapat menambah kelembaban pada feses yang keras sehingga lebih mudah dikeluarkan. Makanan dan minuman yang hangat biasanya lebih mudah dicerna.

4. Buah Prem

Buah dan jus prem merupakan pengobatan rumahan yang telah teruji waktu untuk sembelit di berbagai bagian dunia.

Prem mengandung serat yang tinggi, nutrisi yang dikenal dapat meredakan dan meningkatkan frekuensi buang air besar. Buah prem juga mengandung sorbitol dan senyawa fenolik yang sangat bermanfaat untuk pencernaan.

Sebuah tinjauan pada tahun 2014 menyimpulkan bahwa mereka yang mengonsumsi buah prem dapat meningkatkan frekuensi buang air besar dan konsistensi feses pada penderita sembelit.

Pada kebanyakan penelitian menyertakan tinjauan, pada partisipan yang mengonsumsi 100 gram atau 10 biji buah prem setiap hari.

5. Dedak Gandum

Dedak gandum merupakan obat tradisional untuk mengobati sembelit. Jenis makanan ini kaya akan serat larut yang dapat membantu mempercepat laju makanan menuju usus.

Pada penelitian tahun 2010 menemukan bahwa sarapan dengan sereal yang mengandung dedak gandum setiap hari selama 2 minggu dapat membantu meningkatkat buang air besar dan mengungi sembelit pada wanita yang biasanya tidak mengonsumsi banyak serat.

6. Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane, senyawa yang melindungi usus dan memudahkan mencerna makanan.

Sulforaphane juga dapat membantu mencegah pertumbuhan berlebih beberapa mikroorganisme usus yang dapat mengganggu sistem pencernaan.

Pada studi tahun 2017, orang-orang yang sehat dan mengonsumsi 20 gram brokoli setiap hari selama 4 minggu menemukan bahwa mengalami penurunan gejala konstipasi dan mempercepat buang air besar.

7. Apel dan Pear

Apel dan pear mengandung beberapa senyawa yang meningkatkan pencernaan, termasuk serat, sorbitol dan fruktosa.

Buah ini juga mengandung kandungan air yang tinggi yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi.

8. Anggur

Buah anggir memiliki rasio kulit-daging yang tinggi yang menandakan bahwa buah tersebut kaya akan serat dan mengandung banyak air. Untuk meredakan sembelit, cobalah untuk mengonsumsi segenggam buah anggur yang sudah di cuci.

9. Kiwi

Sekitar 100 gram buah kiwi mengandung sekitar 2-3 gram serat yang dapat melunakan feses dan mempercepat laju pencernaan.

Kiwi juga mengandung actinidine, sebuah enzim yang meningkatkan pergerakan saluran pencernaan atas dan beberapa fitokimia yang memainkan peran dalam meningkatkan pencernaan.

10. Blackberry dan Raspberry

Blackberry dan raspberry merupakan serat dan air, kedua buah ini dapat membantu meredakan konstipasi. Cobalah untuk mengonsumsi segenggam buah blackberry dan raspberry setiap hari.

Nah, itulah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika Anda mengalami sembelit.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!