Manfaaat dan Resiko Mengonsumsi Probiotik untuk Asam Lambung

Manfaaat dan Resiko Mengonsumsi Probiotik untuk Asam Lambung

Manfaaat dan Resiko Mengonsumsi Probiotik untuk Asam Lambung

acepherbal.com – Asam lambung merupakan kondisi yang sering terjadi dan bisa dirasakan oleh siapa saja. Kondisi ini terjadi ketika adanya refluks asam di dalam pencernaan.

Refluks asam secara langsung berkaitan dengan saluran pencernaan. Kondisi ini terjadi keika asam dari lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan dapat menyebabkan kerusakan pada kerongkongan jika terjadi cukup sering.

Banyak sekali alternatif pengobatan untuk asam lambung, salah satunya mengubah gaya hidup, menggunakan pengobatan yang tepat dan alternatif pengobatan lainnya.

Salah satu terapi yang disarankan ialah probiotik yang merupakan bakteri baik yang mencegah perkembangan bakteri jahat. Dimana bakteri jahat merupakan penyebab dari penyakit dan gejala yang menyertainya.

Probiotik memiliki banyak jenis, misalnya saja yogurt. Selain yogurt, probiotik juga dapat ditemukan dalam suplemen maupun krim topikal.

Meskipun probiotik kebanyakan digunakan untuk berbagai kondisi pencernaan, meskipun penelitian lebih jauh dibutuhkan untuk melihat efeknya terhadap gejala dari asam lambung.

Manfaaat dan Resiko Mengonsumsi Probiotik untuk Asam Lambung

Pro

Probiotik membantu mengatasi masalah pencernaan dan menyedikan bakteri baik untuk tubuh. Probiotik juga dapat membantu mengatasi sindrom iritasi usus.

Meskipun Anda tidak membutuhkan probiotik untuk membantu kondisi tubuh menjadi sehat, namun probiotik menyediakan berbagai manfaat untuk tubuh. Probiotik ini juga dpat membantu pencernaan dan menjaga tuubh dari bakeri jahat. Mengonsumsi probiotik juga dapat membantu mengatasi:

  • Sindrom iritasi usus
  • Diare
  • Mempercepat pemulihan infeksi penceernaan tertentu
  • Mencegah pembentukan ulkus lambung
  • Mencegah infeksi jamur vagina
  • Mencegah dan mengaasi infeksi saluran kemih
  • Mencegah dan mengatasi flu dan batuk

Probiotik juga dapat ditemukan dalam produk susu, misalnya yogurt. Sementara itu probiotik juga dapat ditemukan dalam suplemen.

Kontra

Probiotik dalam bentuk suplemen sekarang ini banyak yang dibuat parikan. Di Amerika Serikat sendiri banyak produk probiotik yang tidak dalam pengawasan U.S Food and Drugs Administration.

Jika Anda memiliki keluhan tertentu, sebaiknya memeriksanya terlebih dahulu menjadi cara terbaik sebelum mengonsumsi probiotik.

Kebanyakan orang mengonsumsi probiotik tanpa mengalamai efek samping negatif. Beberapa orang mungkin dapat mengalami efek samping ringan misalnya saja perut kembung.

Probiotik kemungkinan kurang cocok jika memiliki kondisi tertentu yang mendasarinya. Cara terbaik untuk mengonsumsi yogurt adalah mengkonsultasikannya dengan para ahli jika Anda memiliki masalah kronis ataupun sedang berada pada perawatan untuk penyakit kronis.

Orang dewasa dan orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah harus membicarakannya dengan para ahli untuk menambahkan probiotik sebagai alternatif pengobatannya.

Pengobatan Lain untuk Asam Lambung

Anda dapat mengobati asam lambung dalam berbagai cara, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah gaya hidup, diantaranya:

  • Menurunkan berat badan
  • Makan dalam porsi yang lebih sedikit
  • Menghindari makanan dan minuman tertentu
  • Berhenti merokok
  • Menghindari konsumsi alkohol
  • Makan setidaknya 2 jam sebelum tidur
  • Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi
  • Memakai pakaian yang longgar

Makanan yang dapat memicu asam lambung diantaranya makanan pedas, makanan berminyak serta buah dan sayur yang mengandung asam.  Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh juga dapat mengakibatkan asam lambung.

Asam lambung merupakan kondisi yang sering terjadi pada orang dewasa. Berbagai pipengobatan pilihan pengobatan memang sudah tersedia saat ini.

Namun menjaga pola hidup dan mendapatkan pengobatan yang tepat menjadi solusi terbaik untuk membantu mengatasi asam lambung.

Jangan lupa untuk tetap beraktivitas dan memonitoring asupan makanan agar dapat meminimalisir gejala dan kambuhnya asam lambung.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!