7 Manfaat Biji Anggur yang Jarang Diketahui

7 Manfaat Biji Anggur yang Jarang Diketahui

acepherbal.com – Mengonsumsi buah anggur tentunya sudah biasa, namun bagaimana dengan bijinya? Grape seed exract (GSE) begitulah istilah yang digunakan orang Barat untuk menyebut ekstrak biji anggur.

Diketahui ekstrak biji anggur ini digunakan sebagai suplemen makanan. Yang diperoleh dengan cara mengeringkan dan melumatkan rasa pahit dari biji anggur.

Diketahui biji anggur kaya akan antioksidan, termasuk asam fenolik, antosianin, flavonoid dan oligomeric proanthocyanidin complexes (OPCs). Faktanya ekstrak biji anggur merupakan salah satu sumber proanthocyanidins terbaik.

Karena mengandung antioksidan yang tnggi, ekstrak biji anggur dapat mencegah penyakit dan dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif, kerusakan jaringan dan peradangan.

7 Manfaat Biji Anggur yang Jarang Diketahui

  1. Membantu menurunkan tekanan darah

Beberapa penelitian telah menguji efek dari ekstrak biji anggur pada penderita tekanan darah tinggi. Dalam sebuah tinjauan dari 16 studi pada 810 orang dengan tekanan darah tinggi atau mereka yang memiliki resiko tinggi ditemukan bahwa mengonsumsi 100-2000 mg ekstrak biji anggu secara rutin secara signifikan dapat mengurangi tekanan sistolik dan diastolik.

Mereka yang berusia di bawah 50 tahun dengan obesitas  atau gangguan metabolik juga mengalami merasakan manfaat yang besar setelah mengonsumsi biji anggur.

  1. Meningkatkan aliran darah

Beberapa studi menunjukan bahwa ekstrak biji anggur dapat meningkatkan aliran darah. Pada penelitian selama 8 munggu pada 17 wanita pascamenopause yang sehat, mengonsumsi 400 mg ekstrak biji anggur memiliki efek pengencer darah dan berpotensi mengurangi resiko pembekuan darah.

  1. Membantu mengurangi kerusakan oksidatif

Meningkatkanya kadar LDL pada kolesterol diketahui memiliki faktor resiko terhadap penyakit jantung.  Oksidasi dari LDL kolesterol secara signifikan dapat meningkatkan resiko penyakit jantung memainkan peran utama pada artheroklerois atau penumpukan plak dalam arteri.

Ekstrak biji anggur telah diketahui efektif dalam mengurangi oksidasi LDL yang dipicu oleh lemak tinggi pada studi hewan. Beberapa penelitian juga menunjukan hasil yang mirip yang dilakukan papda manusia.

  1. Meningkatkan fungsi ginjal

Ginjal sangat rentan terhadap kerusakan oksidatif, bahkan dalam beberapa kasus kondisi ini tidak bisa dipulihkan. Penelitian hewan menunjukan bahwa ekstrak biji anggur dapat mengurangi kerusakan ginjal dan meningkatkan fungsinya dengan mengurangi stres oksidatif dan kerusakan akibat peradangan.

  1. Menghambat pertumbuhan infeksi

Ekstrak biji anggur memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Penelitian telah menunjukan bahwa ekstrak biji anggur dapat mencegah pertumbuhan bakteri bawaan makanan seperti Campylobacter dan E. coli, keduanya sering menyebabkan keracunan makanan dan gangguan perut.

  1. Mengurangi resiko kanker

Penyebab timbulnya kanker memasng sangat kompleks, meskipun kerusakan DNA menjadi karakteristik utama dari kanker itu sendiri. Asupan antioksidan tinggi seperti flavonoid dan proanthocyanidins berkaitan dengan penurunan resiko untuk berbagai jenis kanker.

Aktivitas antioksidan dari ekstrak biji anggur telah menunjukan potensi untuk menghambat penyebaran kanker paru-paru, lambung, payudara, hati, prostat dan sel pankreas.

  1. Melindungi organ hati dari kerusakan

Organ hati memainkan peran penting dalam detoksifikasi zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh melalui obat-obatan, infeksi virus, polutan, alkohol dan masih banyak lagi.

Ekstrak biji anggur memiliki efek untuk melindung liver. Pada studi tabung reaksi, ekstrak biji anggur dapat mengurangi peradangan, antioksidan dan melindungi liver terhadap keruskan akibat radikal bebas.

Pada sebuah studi, 15 orang dengan perlemakan hati non-alkohol dan tingkat alanine aminotransferase (enzim hati) tinggi berikutnya diberikan ekstrak biji anggur selama 3 bulan. Enzim hati dimonitor setiap bulannya dan hasilnya dibandingkan dengan konsumsi 2 gram vitamin C per hari.

Setelah 3 bulan kelompok yang menggonsumsi ekstrak biji anggur mengalami penurunan penyakit sebanyak 46% dibandingkan kelompok yang mengonsumsi vitamin C hanya sedikit mengalami perubahan.

 Ekstrak biji anggur merupakan suplemen yang berasal dari biji anggur. Dimana didalamnya terdapat antioksidan yang kuat khususnya proanthocyanidins.

Antioksidan tersebut dapat membantu mengurangi stress oksdatif, peradangan dan kerusakan jaringan yang dapat terjadi bersamaan dengan penyakit kronis.

Dengan bji anggur Anda dapat memperoleh manfaat yang baik untuk jantung, otak, ginjal, hati bahkan kesehatan kulit dallam waktu yang bersamaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!