8 Manfaat yang Tersimpan dalam Buah Alpukat

8 Manfaat yang Tersimpan dalam Buah Alpukat

8 Manfaat yang Tersimpan dalam Buah Alpukat

acepherbal.com – Alpukat merupakan buah yang mudah untuk ditemui dengan teksturnya yang creamy dan lebih sering tumbuh di iklim hangat.

Buah alpukat menyimpan banyak manfaat kesehatan termasuk untuk pencernaan, mengurangi depresi dan mencegah serangan kanker.

Alpukat juga dikenal sebagai butter fruit, yang menyediakan senyawa lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah yang banyak. Alpukat merupakan makanan yang memiliki nutrisi tinggi dan mengandung setidaknya 20 jenis vitamin dan mineral.

Mengutip dari Medical News Today, berikut kami akan menjelaskan mengenai manfaat apa saja yang dimiliki buah alpukat ini.

8 Manfaat yang Tersimpan dalam Buah Alpukat

Mengonsumsi buah dan sayur dalam pola makan sehari-hari memang dikaitkan dengan berbagai kondisi kesehatan yang berhubungan dengan gaya hidup.

Beberapa studi telah menemukan bahwa makanan yang berbasis tanaman seperti alpkukat dapat membantu menurunkan resiko obesitas, diabetes, penyakit jantung dan gangguan kesehatan lainnya.

Selain itu, rutin mengonsumsi alpukat juga baik untuk kulit dan rambut, meningkatkan energi dan menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Berikut manfaat lainnya yang akan Anda dapatkan ketika mengonsumsi alpukat ini, diantaranya:

  • Sumber Nutrisi yang Baik

Menurut USDA National Nutrient Database, sati porsi (1-5 buah alpukat sekitar 40 gram) mengandung:

  • 64 kalori
  • 6 gram lemak (kurang lebih)
  • 3.4 gram karbohidrat
  • Kurang dari 1 gram gula
  • 3 gram serat (kurang lebih)

Alpukat merupakan sumber terbaik dari vitamin C, E, K dan B-6 juga riboflavin, niacin, folate, asam pantotenat, magnesium dan kalium. Buah ini juga menyediakan lutein, beta-karoten dan asam lemak omega-3.

Meskipun kebanyakan kalori dalam alpukat ini berasal dari lemak, namun buah tersebut mengandung lemak yang dapat membuat Anda tetap kenyang.

Ketika tubuh kita mengonsumsi lemak, maka otak akan menerima sinyal untuk menghentikan rasa lapar.

Mengonsumsi lemak juga dapat memperlambat pemecahan karbohidrat, yang dapat membantu menjaga kadar gula dalam tubuh tetap stabil.

Lemak sangat penting untuk setiap sel dalam tubuh. Mengonsumsi lemak sehat dapat mendukung kesehatan kulit, meningkatkan penyerapaan vitamin yang larut dalam lemak, mineral dan nutrisi lainnya dan bahkan dapat meningkatkan sistem imun.

  • Mendukung Jantung yang Sehat

Alpukat mengandung 25mg sterol alami yang disebt dengan beta-sitosterol per ons nya. Mengonsumsi beta sitosterol dan tanaman dengan kandungan serupa telah menunjukan dapat menjaga kadar kolesterol seimbang dalam tubuh.

  • Baik untuk Penglihatan

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, kedua fitokimia yang baik terutama dapat terkonsentrasi di jaringan mata yang memberikan perlindungan antioksidan untuk membantu meminimalkan kerusakan, termasuk dari sinar ultraviolet.

Karena asam lemak tidak jenuh dalam alpkukat juga dapat mendukung penyerapan antioksidan yang larut dalam kemak lainnya, seperti beta-karoten, sehingga menambahkan alpukat dalam menu makan sehari-hari dapat menurunkan resiko degenerasi makula yang berkaitan dengan usia.

  • Mencegah Osteoporosis

Setengah dari buah alpukat menyediakan setidaknya 25% dari rekomendasiki vitamin K harian. Nutrisi ini sering dikaitkan dengan kesehatan tulang.

Vitamin K dibayangi oleh vitamin D yang sama sama mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan tulang. Namun, mengonsumsi vitamin K dengan porsi yang tepat juga dapat mendukung kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan menurunkan pengeluaran kalsium.

  • Kanker

Memenuhi asupan folat dari amkana telah menunjukan manfaat untuk mencegah perkembangan kanker usus besar, kanker perut, kanker pankreas dan kanker serviks.

Meskipun mekanisme di balik pengurangan resiko yang nyata ini masih belum diketahui, namun para ahli percaya bahwa folat dapat melindungi tubuh dari mutasi yang tidak diinginkan pada DNA dan RNA selama pembelahan sel.

Alpukat bahkan dapat memainkan peran penting dalam pengobatan kankr, dengan beberapa penelitian menemukan bahwa fitokimia yang diekstraksi dari alpukat dapat secara efektif mencegah perkembangan sel kanker dan sel pra kanker juga menyebabkan kematian sel kanker, dengan mendorong perkembangan sel sistem kekebalan tubuh yang disebut dengan limfosit.

Fitokimia ini juga menunjukan dapat menurunkan kerusakan kromosom yang disebabkan oleh siklofosfamid yang merupakan obat kemoterapi.

  • Menyehatkan Bayi

Folat sangatlah penting untuk kesehatan selama masa kehamilan. Asupan folat yang cukup dapat menurunkan resiko keguguran dan cacat tabung saraf pada bayi.

Penelitian terbaru dari McGill University menemukan sekitar lebih dari 30% insidien dari berbagai cacat lahir pada bayi tikus yang dikandung menggunakan sperma dari tikus dengan defisiensi folat dibandingkan dengan tikus yang menggunakan sperma dari tikus kadar folat yang baik.

  • Mengurangi Resiko Depresi

Makanan yang tinggi kadar folat dapat membantu menurunkan resiko depresi karena folat dapat membantu mencegah penumpukan homosistein, sebuah zat yang dapat memperbaiki sirkulasi dan penyampaian nutrisi ke otak.

Kelebihan homosisten juga dapat mengganggu produksi serotinin, dopamin dan norepinephirine, yang mana zat tersebut bertugas untuk mengatur suasana hati, pola tidur dan rasa lapar.

  • Meningkatkan Kesehatan Saluran Cerna

Disamping teksturnya yang creamy, alpukat juga tinggi akan serat, diperkirakan mengandung serat sebanyaj 6-7 gram per setengah buah alpukat.

Mengonsumsi makanan dengan serat alami dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran cerna dan menurunkan resiko kanker usus besar.

  • Detoksifikasi Alami

Asupan serat yang cukup dapat meningkatkan frekuensi buang air besar, yang merupakan proses penting untuk pengeluaran racun harian.

Penelitian terbaru telah menunjukan bahwa serat dapat memainkan peran untuk mengatur sistem imun dan peradangan dalam tubuh.

  • Pengobatan Osteoporosis

Senyawa yang disebut dengan saponin, ditemukan dalam alpukat, kedelai dan beberapa tanaman lainnya yang mana senyawa tersebut dapat meredakan gejala osteoarthritis.

Dengan rencana penelitian lebih jauh yang direncakan dapat diketahui efek jangka panjang dari ekstrak alupkat yang diisolasi.

Itulah beberapa manfaat yang dimiliki oleh buah alpukat. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan dan menjadi pengingat kita agar selalu mengonsumsi buah dan sayur agar kondisi tubuh tetap sehat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!