5 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

5 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

5 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

acepherbal.com – Buah bit saat ini semaki populer karena bersifat superfood. Penelitian terbaru mengklaim bahwa buah bit dan jus bit dapat meningkatkan performa atletik, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah.

5 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

  • Menjaga Kesehatan Jantung dan Tekanan Darah

Buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian tahun 2015 menguji 68 orang dengan tekanan darah tinggi dan melihat efek dari mengonsumsi 250 mililiter jus buah bit setiap hari.

Para ahli menemukan bahwa kebiasaan ini secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah setelah diminum.

Mereka menyarankan bahwa efek antihipertensif ini berasal dari kadar nitrat tinggi yang ada di dalam jus bit. Mereka merekomendasikan mengonsumsi sayuran yang tinggi nitrat karena efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Namun sebelum menghentikan konsumsi obat penurun darah, sebaiknya konsultasikan terleih dahulu kepada praktisi kesehatan.

Tekanan darah tinggi merupakan faktor resiko utama dari penyakit kardiovaskular. Menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengubah pola makan dan cara alaminya dapat membantu mencegah gagal janung, stroke, seraingan jantung dan komplikasi yang mengancam jiwa lainnya.

  • Diabetes

Bit mengandung antioksidan yang disebut dengan asam alfa-lipoat yang merupakn senyawa yang membantu menurunkan kadar glukosa dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Pada tinjauan penelitian tahun 2019 menguji efek asam alfa-lipoat pada gejala neuropati diabetes. Para ahli menemukan bahwa pemberian suplemen asam alfa-lipoat secara oral dan intravena dapat membantu menurunkan gejala neuropati perifer dan dan neuropati otonom pada orang-orang dengan diabetes.

Namun dosis pada penelitian ini lebih tinggi daripada dosis yang terdapat dalam buah bit. Sehingga efek yang ada kemungkinan lebih sedikit sehingga membutuhkan penelitian lebih lanjut.

  • Melancarkan Pencernaan

Pada satu cangkir buah bit menyediakan 3.81 serat yang sangat penting untuk melancarkan pencernaan dan kesehatan usus.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), sat cangkir buah bit dapat memberikan lebih dari 8.81% kebutuhan harian serat seseeorang, tergantung usia dan jenis kelamin. Menambahkan buah bit pada menu makan merupakan cara terbaik untuk meningkatkan asupan serat.

  • Meningkatkan Performa Atlletik

Beberapa peneliian telah menemukan bahwa jus buah bit dapat meningkatkan umlah oksigen yang diserap otot selama olahraga. Pada penelitian 2019 menemukan bahwa dosis tinggi pada buah bit dapat mningkatkan hasil uji waktu bersepeda.

Penelitian berbeda dari tahun yang sama meneliti 12 partisipan yang aktif secara fisik. Namun penelitia tidak menemukan bahwa mengonsumsi jus bit dapat meningkatkan performa atletik para partisipaan.

Oleh karena itu, penelitian lebih jauh sangat penting untuk mengonfirmasi manfaat dari bit pada performa fisik dan atletik.

  • Pencegah Kanker

Sebuah tinjauan penelitian pada tahun 201 enemukan bahwa senyawa tertentu yang ada dalam bit dapat menegganggu mutasi sel kanker. Contohnya seperti betalain yang merupakan pigmen yang memberikan warna merah atau kuning pada buah bit.

Meskipun penelitian lebih jauh dibutuhkan sebelum para ahli kesehatan dapat merekomendasikan bit sebagai pengganti metode dasar untuk mengurangi resiko perkembangan kanker, kaena buah bit ini memiiki fungsi yang dapat menurunkan resiko kanker.

Nutrisi yang terdapat dalam Buah Bit

Dalam 1 cangkir buah bet mentah menyediakan berbagai nutrisi seperti:

  • 58.5 kalori
  • 13 gram karbohidrat termasuk 9.19 gram gula dan 3.81 gram serat
  • 2.19 protein

Buah bit juga dapat diambahkan pada menu makanan sehari-hari karena mengandung banyak vitamin juga berbagai mineral seperti:

  • Kalsium
  • Zat besi
  • Tiamin
  • Riboflavin
  • Vitamin B-6
  • Tembaga
  • Selenium

Sayuran seperti daun bit memberikan kadar nirat yang tinggi. Mengolah daun bit merupakan sumber zat besi, vitamin C, vitamin A, magneesium, kalium dn folat yang baik.

Cara Mengonsumsi Buah Bit

Anda dapat mengonsumsi buah bit dengan cara di panggang, di kukus, di rebus atau mengonsumsinya secara mentah.

Selain itu ada cara lain yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari bah bit ini dengan cara:

  • Membuat jus buah bit dengan mengupas buah bit dan mencampurnya dengan buah jeruk segar, daun mint, nanas atau apel, lemon dan jahe. Kemudian blender sema bahan tersebut dan peras untuk mendapatkan airnya. Namun harus diingat bahwa menambahkan berbagai kombinasi buah dapat meningkatkan kadar gula dalam jus tersebut.
  • Parut atau iris buah bit dan tambahkan kedalam salad.
  • Memanggang buah bit yang dipadukan dengan keju dari susu kambug
  • Iris buah bit da sajikan dengan jus lemon atau taburan bubuk cabai.

Ketika memilih buah bit, pastikan bahwa buah tersebut berukuran besar dan berat dan tidak memiliki kerusakan dipermukaan luar buah tersebut.

Jika bagian atas buah bit ini terlihat hijau menandakan bahwa buah bit ini dapat segar lebih lama dan tidak mudah layu. Ketika dimakan buah bit yang seperti ini memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa.

Resiko Mengonsumsi Buah bit

Minum jus buah bit dapat mengakibatkan perubahan pada urin atau feses menjadi merah, ungu atau pink. Meskipun terlihait seperti tanda dari kondisi kesehatan terentu namun hal ini bukan merupakan kondisi medis yang berbahaya. Para ahli kesehatan menyebutnya dengan “beeturia.”

Seseorang rentan terhadap batu ginjal tidak disarankan untuk mengonsumsi buah bit berlebih. Juga untuk mereka yang memiliki gangguan pencernaan atau sindrom iritasi usus dapat mengalami sakit perut setelah mengonsumsi jus buah bit.

Buah bit sangat bernutrisi, namun, Anda harus mempertimbangkan pola makan secara menyeluruh saat ingin mendapatkan manfaat yang terdapat di dalam buah ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!