10 Manfaat Buah Merah Asal Papua untuk Kesehatan

12 Manfaat Buah Merah Asal Papua untuk Kesehatan

12 Manfaat Buah Merah Asal Papua untuk Kesehatan

acepherbal.com – Buah merah merupakan salah satu buah yang nikmat dan banyak di budidayakan di seluruh dunia terutama karena mengandung beragam manfaat yang sehat.

Nama ilmiah dari buah merah ini adalah Pandanus Conoideus yang berasal dari genus Pandanus dan family pandan.

Buah enak ini berasal dari Papua, Indonesia terutama di area pegunungan Jayawijaya (Wamena dan Tolikara), Jayapura, Manokwari, Nabire, Timika dan Ayamaru Sorong, namun sekarang buah ini sudah di budidayakan secara luas untuk kepentingan komersial dan domestik.

Buah merah scara umum dapat ditemukan di beberapa pegunaungan Papua dan tumbuh dengan ukuran besar memiliki panjang sekitar 100 cm, diameter 18 cm dan beratnya mencapai 7.5 kg.

Karena mengandung berbagai vitamin, mineral dan nutrisi, buah merah ini dipercaya memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Merah

Buah merah mengandung vitamin, mineral dan komponen lainnya. Beberapa jenis vitamin diantaranya vitamin C, vitamin E, riboflavin, thiamin, folat, niacin, pyridoxine dan asam pantotenat. Buah merah juga mengandung asam lemak omega-3 dan asam lemak omega 6, serat, sodium dan kalium yang sangat bermafaat untuk kesehatan.

Selain itu, buah merah ini juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, seng, tembaga dan mangan.

Yang menariknya lagi bahwa buah asal Papua ini tidak mengandung kolesterol sama sekali.

10 Manfaat Buah Merah Asal Papua untuk Kesehatan

1. Membantu Penyembuhan AIDS

AIDS (acquired immunodeficiency syndrome) merupakan gangguan yang disebabkan oleh virus HIV (human immunodeficiency virus). AIDS dapat mengubah sistem imun, yang menyebabkan seseorang secara substansial kesulitan untuk melawan infeksi penyakit. Infeksi virus HIV biasanya hanya dapat dicegah dengan menggunakan obat tertentu agar virus tidak berkembang semakin banyak dalam tubuh.

Dari beberapa obat dan suplemen yang ada, buah merah menunjukan peningkatan kelangsungan hidup pada penderita AIDS.

Dengan mengonsumsi ekstrak buah merah 3x sehari, dipercaya dapat membantu pasien AIDS untuk menambah berat badan, meningkatkan kelembutan kulit dan meningkatkan kesehatan rambut.

Buah merah juga diperkaya dengan tocopherol dan beta karoten yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Tidak hanya itu, jika kedua antioksidan ini bersatu maka dapat membunuh infeksi yang disebabkan oleh HIV dan AIDS.

2. Mencegah Resiko Kanker

Kanker juga sering disebut dengan tumor ganas yang disebabkan oleh perkembangan sel secara abnormal. Kanker terbentuk ketika tubuh tidak dapat mengontrol perkembangan sel.

Dimana sel yang lama tidak mengalami kematian namun akan terus membelah dan menghasilkan sel yang baru. Kelebihan sel ini dapat membentuk massa di dalam jaringan tubuh yang disebut dengan tumor, terkecuali leukimia yang merupakan kanker darah tidak memiliki bentuk tumor.

Kanker sendiri dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, pada wanita kanker payudara merupakan kanker yang sangat umum terjadi.

Sementara pada pria, kanker prostat merupakan kanker yang sering ditemukan. Kanker koleteral dan kanker paru-paru juga merupakan kanker yang sering kali menyerang pria dan wanita.

Karena kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah merah, sangatlah bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh dan dapat membantu mencegah berbagai jenis kanker.

Antioksidan dapat membantu melawan serangan radikal bebas dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel sehat. Radikal bebas merupakan penyebab utama dari kanker prostat, kanker usus besar dan kanker lainnya.

Penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi buah merah secara rutin tidak hanya dapat membantu mencegah kanker, tetapi juga dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor di dalam tubuh.

Disamping itu, buah merah kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat dimanfaatkan untuk mengganti kerusakan jaringan dan sel terutama pada mereka yang menderita kanker payudara.

3. Membantu Mengatasi Hepatitis

Hepatitis terjadi ketika organ liver mengalami peradangan. Biasanya disebabkan oleh virus, namun masih belum ada alasan jelas mengenai penyebab hepatitis ini.

Hepatitis dapat dipengaruhi oleh sistem imun yang lemah atau pengaruh dari penggunaan obat-obatan, racun dan minuman keras. Gangguan sistem imun pada penderita hepatitis terjadi ketika antibodi menyerang jaringan hati yang sehat. Dua jenis hepatitis yakni hepatitis B dan C yang jika tidak diobati dapat menyebabkan sirosis hati.

Jus buah merah mengandung anti-virus dan antioksidan yang dapat mencegah perkembangan sel tumor. Lebih jauh lagi, buah merah dapat meregenerasi sel hati. Buah merah kaya akan agen pencegah kanker yang dapat membantu mencegah perkembangan sel hati dan meregenerasi sel yang sehat.

Buah merah juga dapat membantu meningkatkan kapasitas hati dan melawan infeksi yang disebabkan oleh hepatitis sementara antioksidan bertugas untuk menjaga organ hati dari sirosis atau tumor hati.

4. Membantu Mencegah Stroke

Stroke terjadi ketika suplay darah ke beberapa bagian otak terganggu, yang menyebabkan otak kekurangan oksigen sehingga sel-selnya mengalami kematian.

Kondisi stroke merupakan kondisi darurat medis yang seringkali disebabkan oleh hipertensi, sehingga kondisi ini harus segera ditangani untuk mencegah kerusakan otak dan komplikasi lainnya.

Disebutkan bahwa buah merah ini dapat menjadi alternatif pengobatan untuk mengatasi stroke.  Lantaran buah merah dapat meningakatkan aliran darah ke seluruh tubuh, memastikan darah tetap mendapatkan oksigen.

Dengan begitu, cara ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membuat jantung memompa darah dengan semestinya sehingga kondisi pembekuan darah dapat dihindari yang mana kondisi tersebut menjadi salah satu penyebab dari stroke.

5. Mencegah Resiko Diabetes

Diabetes merupakan kondisi yang terjadi ketika glukosa darah atau gula darah berada dalam kadar yang sangat tinggi.

ula darah merupakan sumber utama dari energi dan berasal dari makanan yang dikonsumsi. Insulin, merupakan hormon yang dihasilkan oleh pankreas, yang berasal dari makanan dan digunakan sebagai energi.

Dalam waktu-waktu tertentu tubuh tidak akan menghasilkan insulin yang cukup atau insulin tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Dalam beberapa penelitian telah membuktikan bahwa Tocopherol yang ditemukan dalam buah merah dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah tinggi karena dapat mencukupi hormon insulin tubuh.

Tocopherol dari buah merah dapat membantu kerja pankreas sehingga insulin berada di level yang stabil. Dengan itu, kadar gula darah menjadi lebih konsisten.

Jika Anda menderita diabetes, sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi buah merah secara rutin untuk membantu mengontrol kadar gula darah dan mengatasi diabetes.

6. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh menurunnya massa tulang dan hilangnya jaringan tulang yang dapat membuat tulang menjadi lebih rapuh.

Ketika Anda menderita osteoporosis, Anda akan memiliki resiko tinggi untuk mengalami tulang retak, patah tulang, terutama di pinggul, tulang belakang dan pergelangan tangan.

Buah merah kaya akan kalsium, tembaga, mangan, fosfor yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan menjaga kekuatan tulang.

Pada studi yang berbeda telah dibuktikan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya kalsium, seperti buah merah secara rutin, dapat meningkatkan mineralisasi tulang dan mencegah berbagai gangguan yang menyerang tulang seperti osteoporosis.

Selain itu, buah merah kaya akan antioksidan, yang dapat melawan radikal bebas dan menjaga jaringan tulang dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

7. Membantu Menurunkan Asam urat

Jumlah asam urat yang tinggi dalam darah dapat membentuk kristal di dalam persendian, dimana kondisi ini sering disebut dengan asam urat atau gout.

Apabila asam urat ini tidak diobati, maka kristal asam urat dapat berkembang di dalam persendian dan di jaringan terdekat, sehingga membentuk benjolan yang sering disebut dengan tophi. Bahkan kadar asam urat yang tinggi dapat memicu gagal ginjal dan batu ginjal.

Seperti yang sebutkan diatas, bahwa buah merah mengandung jumlah tocopherol yang tinggi dimana senyawa tersebut dapat sangat membantu menormalkan kadar asam urat dalam tubuh dan meningkatkan kinerja organ hati.

Orang-orang yang menderita batu ginjal dapat mengonsumsi buah merah ini 3 kali sehari untuk membantu meregenerasi sel-sel hati dan ginjal yang mengalami kerusakan.

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Fungsi otak sangat membutuhkan lemak omega-3. Sehingga mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti buah merah dapat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan otak.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh diantaranya dapat meningatkan suasana hati dan mengurangi stres, mengatasi gangguan belajar pada anak, mengurangi sakit kepala, menurunkan resiko Alzheimer dan meningkatkan kualitas tidur.

Buah merah akaya akan vitamin C, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti buah merah dapat meninngkatkan kesehatan otak dan aktivitas neuron di otak.

9. Mencegah Penyakit Mata

Tubuh kita membutuhkan vitamin A atau beta karoten untuk membantu mengantarkan protein rhodopsin, yang dapat meningkatkan kesehatan mata terutama untuk mengidentifikasi cahaya redup.

Jika Anda tidak mengonsumsi vitamin A yang cukup maka produksi rhodopsin akan berkurang sehingga kinerja mata tidak akan maksimal.

Kondisi ini juga dapat mengurangi penglihatan di malam hari yang sering disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin A.

Buah merah mengandung beta karoten yang tinggi dan sangat membantu mencegah berbagai masalah pada mata terutama yang berkaitan dengan kekurangan vitamin A. Mengonsumsi buah merah setiap hari dapat menjadi asupan yang sehat untuk mata.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah merah kaya akan kandungan serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Jumlah LDL atau kolesterol jahat yang tinggi dapat tersimpan di dalam pembuluh darah dan menyebabkan penumpukan plak sehingga mengganggu sirkulasi darah dan dapat mengakibatkan serangan jantung.

Penelitian mengungkap bahwa konsumsi buah merah setiap hari dapat memicu penurunan kadar LDL. Buah merah mengandung antioksidan yang telah dikenal berperan penting dalam menurunkan kolesterol jahat.

Selain itu, penelitian berbeda membuktikan bahwa konsumsi buah merah secara rutin dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) yang sangat baik untuk meningkatkan fungsi jantung.

9. Mencegah Lupus

Lupus merupakan penyakit autoimun yang terjadi ketika sistem imun menyerang jaringannya sendiri. Kondisi ini dapat menyebabkan iritasi, pembengkakan dan kerusakan sel dan jaringan tubuh. Lupus juga dapat memicu kelelahan, nyeri sendi, demam dan ruam lupus.

Pada beberapa penelitian telah membuktikan bahwa buah merah yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu mencegah resiko lupus.

10 Meningkatkan Kesehatan Kulit

Dikarenakan sifat antiokisdan dan antibakteri yang ada dalam buah merah, sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit dan mencegah berbagai masalah kulit.

Antiokisdan dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel kulit. Manfaat ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki keluhan kerutan, flek hitam hingga tanda penuaan.

Sifat antibakterinya dapat menjaga kulit kita dari zat asing seperti virus dan bakteri yang seringkali menjadi menyebabkan berbagai infeksi seperti jerawat dan luka terbuka.

Mengonsumsi buah merah dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga memastikan sel kulit mendapatkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh jika rajin mengonsumsi buah merah. Sehingga tidak ada salahnya untuk memasukan buah merah dalam menu makan harian Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!