Manfaat dan Resiko Minum Air Hangat Setiap Hari

Manfaat dan Resiko Minum Air Hangat Setiap Hari

Manfaat dan Resiko Minum Air Hangat Setiap Hari

acepherbal.com – minum air yang cukup dapat membantu menjaaga kesehatan kulit dan sendi. Air membantu sel tubuh menyerap nutrisi dan melawan infeksi. Minum air hangat atau air panas setiap hari dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Manfaat dan Resiko Minum Air Hangat Setiap Hari

Minum air dengan temperatur berapa pun diketahui dapat mendukung kesehatan secara menyeluruh, air hangat atau air panas dipercaya menyediakan berbagai manfaat kesehatan.

Orang-orang sudah megonsumsi air hangat selama ribuan tahun, sehingga sudah banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat dari mengonsumsi air hangat ini. Beberapa manfaat yang akan di peroleh diantaranya:

  • Menyehatkan Saluran Cerna

Air hangat dipercaya menjadi cara yang mudah untuk meningkatkan kesehatan. Ketika seseorang tidak mengonsumsi air yang cukup, maka usus kecil akan lebih banyak menyerap air darri makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat Anda beresiko tinggi mengalami susah buang air besar.

Dehidrasi kronis dapat menyebakan sembelit dan mengakibatkan nyeri saat buang air besar dan mengakibatkan masalah kesehatan lainnya, termasuk wasir dan perut kembung.

Minum air hangat dapat membantu memecah makaanan lebih cepat dari pada minum air dingin. Hal ini dapat mengurangi resiko konstipasi dengan mendukung gerakan usus.

  • Detoksifikasi Tubuh

Para ahli berpendapat bahwa air hangat dapat membantu detoksifikasi tubuh. Air hangat diketahui cukup mampu menaikan temperatur tubuh, sehingga membuat tubuh menjadi mudah berkeringat. Dari keringat ini akan membantu pengeluaran racun yang keluar melalui pori-pori kulit.

  • Meningkatkan Sirkulasi

Air hangat atau air panas bersifat vasodilator yang berarti dapat memperluas pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi, Hal ini dapat membantu otot menjadi rileks dan mengurangi rasa sakit.

Meskipun tidak ada studi yang mengaitkan secara langsung peningkatan sirkulasi dan  air hangat, namun perluasan pembuluh darah yang berlangsung singkat dapat mendukung aliran darah ke otot dan organ menjadi lebih baik.

  • Menurunkan Berat Badan

Peneliti telah lama mendukunng gagasan bahwa minum air yang banyak dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan air dapat meningkatkan perasaan kenyang. Air juga membantu tubuh untuk menyerap nutrisi dan membuang zat sisa.

Penelitian yang dipublikasikan tahun 2003 menemukan bahwa mengganti konsumsi air dingin ke air hangat dapat membanu menurunkan berat badan. Para ahli menemukan bahwa minum 500 ml air sebelum makan dapat meningkatkan metabolisme hingga 30%.

Meningkatkan temperatur air hingga 98.6 derajat dapat meningkatkan metabolisme hingga 40%. Metabolisme berlangsung selama 30-40 menit setelah mengonsumsi air.

  • Mengurangi Rasa Sakit

Air hangat dapat meningkatkan sirkulsi juga meningkatkan aliran darah, terutama pada otot yang cedera. Tidak ada penelitian yang mengaitkan konsumsi air hangat dan manfaatnya untuk meredakan rasa sakit.

Namun, orang-orang yang secara rutin menggunakan kompres hangat merasakan rasa nyerinya berkurang. Mengonsumsi air hangat dapat meredakan nyeri internal, namun penting untuk di catat bahwa suhu panass dapat meningkatkan pembengkakan.

  • Mengatasi Pilek dan Meningkatkan Kesehatan Sinus

Kompres hangat yang diaplikasikan pada sinus dapat meredakan tekanan yang disebabkan oleh pilek atau alergi saluran napas. Menghirup uap hangat juga dapat membantu meredakan sumbatan pada sinus.

Minum air hangat akan membantu mempercepat pergerakan lendir, yang berati minum air hangat juga dapat meredakan batuk dan mengurangi lendir pada hidung.

  • Meningkatkan Konsumsi Kopi dan Teh

Air hangat yang dicampurkan dengan teh atau kopi memberikan manfaat yang lain untuk kesehatan. Ketika mencampurka kopi dan teh Anda akan mendapatkan manfaat yang sehat dimana minuman berkafein ini dapat menghidrasi tubuh terutama pada dosis yang tinggi.

Pada salah satu penelitan menemukan hubungan antara konsumsi kopi dalam jumlah sedang dan penurunan resiko penyakit parkinson, beberapa jenis kanker, diabetes tipe 2 dan sejumlah penyakit hati juga masalah kesehatan jantung.

Teh juga dapat mengurangi resiko stroke, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan penyakit hati. Beberapa penelitian telah mengaitkan hubungan antara teh dan penurunan resiko kanker, namun hasilnya masih bervariasi.

  • Megurangi Stres

Minum satu gelas air hangat dapat membantu seseorang untuk mengelola stres dan kecemasan. Penenlitian menemukan bahwa mengonsumsi air hangat seperti teh atau kopi dapat mengurangi stres dan mengurangi rasa kecemasan.

Para ahli berpendapat bahwa efek tersebut berasal dari kafein, namun sensasi hangat juga memainkan peran penting dalam meningkatkan suasana hati para partisipan.

Resiko Minum Air Hangat Setiap Hari

Resiko utama dari mengonsumsi air hangat adalah sensasi terbakar di lidah atau tenggorokan. Anda sebaiknya menghindari konsumsi air panas terutama masih mendidih, sehingga disarankan untuk meminum sedikit saja sebelum menenggaknya sekaligus.

Seseorang dapat membatasi konsumsi kopi dan teh atau minuman berkafein lainnya dengan mengganti minumannya dengan air putih hangat.

Temperatur Air yang Tepat

Minuman hangat seperti kopi dan teh sering disajikan dalam keadaan hampir masih mendidih. Meskipun begitu Anda tidak bisa langsung meminumnya karena beresiko tinggi menyebakan tenggorokan atau lidah menjadi terbakar.

Pada tahun 2008 penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi air hangat harus berada pada suhu 57.8°C. Suhu ini dapat mengurangi resiko terbakar, meskipun begitu minuman dengan suhu tinggi sangat nikmat untuk dikonsumsi.

Kesimpulannya, minum air hangat memang tidak akan menyembuhkan penyakit, tetapi dapat menjaga dan mencegah penyakit tertentu. Minum air hangat secara rutin dengan suhu yang wajar memang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Sehingga tidak ada salahnya bagi Anda yang ingin mencoba cara baru dan mudah untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!