8 Manfaat Lemon untuk Kesehatan

8 Manfaat Lemon untuk Kesehatan

8 Manfaat Lemon untuk Kesehatan

acepherbal.com – Lemon merupakan buah populer yang biasa digunakan dalam jumlah kecil untuk menambah rasa pada makanan. Namun, buah ini jarang sekali dikonsumsi langsung karena rasa asamnya yang tajam.

Lemon sering dijadikan bahan tambahan pada roti, saus, dressing salad, bumbu, minuman hingga makanan penutup. Selain rasanya yang segar, buah lemon juga tinggi akan vitamin C.

Dalm 58 gram lemon terdapat 30 miligram vitamin C, yang merupakan vitamin yang penting untuk tubuh. Jika tubuh kekurangan vitamin C maka dapat menyebabkann berbagai gangguan kesehatan.

8 Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Lemon bersifat sehat dan menyegarkan, buah ini juga merupakan sumber vitamin dan flavonoid yang baik dan merupakan salah satu antioksidan yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas penyebab kerusakan pada sel tubuh.

Nutrisi-nutrisi ini dapat membantu mencegah serangan penyakit dan meningaktakan daya tahan dan kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat yang di peroleh jika mengonsumsi lemon secara rutin.

  • Menurunkan Resiko Stroke

Menurut penelitian tahun 2012, flavonoid dalam buah sitrus dapat menurunkan resiko stroke iskemik pada wanita.

Sebuah data peneitian menyebutkan hampir 70.000 perempuan diatas 14 tahun menujukan bahwa mereka yang mengonsumsi buah sitrus mengaami penurunan resiko stroke iskemik sebanyak 19% dibanding perempuan yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

Stroke iskemik merupakan jenis stroke paling umum yang dapat terjadi ketika gumpalan darah memblokir aliran darah menu otak.

Pada studi populasi 2019 menunjukan bahwa konsumsi rutin makanan yang mengandung flavonoid dapat membantu mencegah serangan kanker dan penyakit kardiovaskular.

Namun, ada beberapa penelitian yang mengindikasikan bahwa orang-orang yang merokok atau meminum alkohol tidak akan mendapatkan manfaat ini secara maksimal.

  • Tekanan Darah Tinggi

Pada penelitian tahun 2014 menunjukan bahwa wanita di Jepang yang berloahraga dan mengonsumsi lemon setiap hari memiliki tekanan darah yang rendah dibandingkan mereka yang idak mengonsumsinya.

Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengidentifikasi peran lemon terhadap penurunan tekanan darah, diketahui karena olahraga termasuk berjalan setiap hari juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

  • Mencegah Kanker

Lemon dan jus lemon merpakan sumber terbaik dari vitamin C antioksidan. Antioksidan dapat membantu mencegah serangan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan dan memicu kanker. Namun bagaimana cara antioksidan dapat mencegah kanker masih belum diketahui secara jelas.

  • Menjaga Warna Kulit yang Sehat

Vitamin C memainkan peran penting terhadap pembentukan kolagen, dan mendukung sistem kulit. Paparan sinar matahari, polusi, usia dan faktor lainnya apat mengakibatkan kerusakan kulit.

Pada penelitian tikus tahun 2014 menyarankan bahwa mengonsumsi vitamin C atau mengaplikasikannya secara topikal dapat membantu mencegah kerusakan jenis ini.

  • Mencegah Asma

Orang-orang dengan asma yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi dan nutrisi lainnya ketika mereka sdang flu dapat menurunkan serangan  asma, menurut sebuah tinjauan.

Penulis dari tinjauan tersebut menemukan bukti bahwa vitamin C juga bermanfaat untuk orang-orang yang memiliki hipersensitivitas bronkial ketika mereka menderita flu.

  • Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Mengombinasikan makanan yang tinggi vitamin dan makanan yang kaya zat besi dapat memaksimalkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi.

Namun, asupan vitamin yang tinggi dapat memicu masalah pencernaan pada orang-oang yang mengonsumsi suplemen zat besi.

Untuk alasan cara terbaik untuk memperoleh zat besi adalah dari sumber makanan seperti hati sapi, lentil, kismis, kacang kering, daging hewan dan bayam.

Mengkombinasikan sedikit air perasan lemon pada salad yang di dalamnya terdapat daun bayam dapat membantu memaksimalkan asupan zat besi dan vitamin C sekaligus.

  • Meningkatkan Sistem Imun

Makanan yang tinggi vitamin dan antioksidan lain dapat membantu menguatkan sistem imun dan mencegah serangan bibit penyakit yang menyebabkan flu.

Pada salah satu tinjauan menemukan bahwa, suplemen vitamin C tidak menunjukan manfaat untuk mengurangi flu dan pilek, namun dapat mengurangi durasi flu ini berlangsung.

Vitamin C juga membantu meningkatkan imunitas pada orang-orang yang menjalani aktivitas fisik ekstrim. Melarutkan lemon pada segelas air hangat dengan satu sendok penuh madu apat membantu mengatasi batuk dan flu.

  • Menurunkan Berat Badan

Pada penelitian tahun 2008, tikus yang mengonsumsi fenol kulit lemon dengan diet lemak tinggi selama 12 minggu mengalami kenaikan berat badan yang tidak begitu signifikan dibandingkan tikus yang tidak mengonsumsi lemon.

Pada ahun 2016, 84 orang wanita pre-menopause dengan massa indeks badan tinggi mengkuti diet detox menggunakan lemon dan diet lainnya selama 7 hari.

Mereka yang mengonsumsi lemon mengalami peningkatan besar pada resistensi insulin, lemak tubuh, indeks massa tubuuh dan rasio pinggang dan pinggul dari pada mereka yang menjalani diet lain.

Resiko Tertentu Mengonsumsi Lemon

Lemon mengandung kandungan asam yang tinggi sehingga memiliki dampak tertentu bagi orang-orang yang sedang mengalami:

  • Ulkus mulut yang dapat menyebabkan sensasi perih.
  • Gastroesophageal reflux disease (GERD), dapat memperparah gejala seperti sensasi terbakar dan regurgitasi.

Nutrisi dalam lemon menawarkan beragam manfaat kesehatan. Namun sangat sulit untuk memperoleh semua manfaat dari lemon karena rasa asamnya dan kandungan asamnya yang tinggi.

Namun mengonsmsi jus lemon pada beragam makanan termasuk dalam buah atau sayuran dapat menjadi alternatif diet yang lebih bernutrisi dan sehat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!