Mengulik Manfaat Pasak Bumi yang Berkhasiat untuk Vitalitas Pria

Mengulik Manfaat Pasak Bumi yang Berkhasiat untuk Vitalitas Pria

Mengulik Manfaat Pasak Bumi yang Berkhasiat untuk Vitalitas Pria

acepherbal.com – Pasak bumi atau bisa disebut tongkat ali merupakan pengobatan tradisional yang berasal dari Asia Tenggara dan sudah digunakan sebagai pengobatan selama berabad-abad lamanya.

Tanaman ini sering digunakan untuk pengobatan demam, disfungsi ereksi dan infeksi bakteri Penelitian mengatakan bahwa pasak bumi dapat meningkatkan fertilitas pria, meredakan stres dan meningkatkan masa otot. Meski begitu penelitian ini masih terbatas.

Pasak bumi atau Eurycoma longifolia merupakan tanaman yang sering dimanfaatkan bagian akarnya untuk dijadikan suplemen herbal.

Bahkan pasak bumi sudah digunakan sebagai pengobatan tradisional di berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Vietnam dan negara Asia lainnya untuk mengobati malaria, infeksi, demam, infertilitas pria dan disfungsi ereksi. Manfaat dari pasak bumi ini berasal dari berbagai senyawa yang ada di dalam tanaman tersebut.

Terutama, pasak bumi mengandung flavonoid, alkaloid dan senyawa lainnya yang bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang bertugas menangkal kerusakan yang disebabkan oleh molekul-molekul tertentu yang disebut dengan radikal bebas.

Tanaman tersebut juga dapat bermanfaat untuk bagian tubuh lainnya. Pasak bumi biasanya dikonsumsi dalam bentuk pil atau kapsuk yang mengandung ekstrak herbal dari tanaman yang sama.

Mengulik Manfaat Pasak Bumi yang Berkhasiat untuk Vitalitas Pria

Hingga saat ini manfaat yang dari pasak bumi masih belum diteliti secara menyeluruh dan meluas, Namun beberapa peneliti menyatakan bahwa tanaman ini dapat membantu mengatasi infertilitas pada pria, meningkatkan suasana hati dan meningkatkan masa otot.

  • Meningkatkan Testosteron dan Fertilitas Pria

Manfaat yang terdapat dalam pasak bumi ialah dapat meningkatkan testosteron pada pria yang memiliki hormon seksual rendah.

Rendahnya testosteron dapat disebabkan oleh penuaan, kemoterapi, perawatan radiasi,pengobatan tertentu, cedera atau infeksi pada testis dan penyakit tertentu seperti alkoholisme kronis dan sleep apnea obstruktif.

Kadar testosteron yang rendah dapat menyebabkan rendahnya libido, disfungsi ereksi dan pada beberapa kasus dapat menyebabkan kemandulan. Karena senyawa dalam pasak bumi dapat meningkatkan testosteron, maka tanaman ini dipercaya dapat mengatasi permasalahan vitalitas pria.

Penelitian selama 1 bulan pada 76 pria usia lanjut dengan testosteron rendah menemukan bahwa mengonsumsi 200 mg ekstrak pasak bumi setiap hari secara signifikan dapat meningkatkan hormon menjandi normal sebanyak 90% dari seluruh partisipan.

Lebih lanjut, baik penelitian pada hewan ataupun manusia menunjukan bahwa mengonsumsi pasak bumi dapat menstimulasi gairah seksual dan mengatasi disfungsi ereksi pada pria.

Sehingga pasak bumi dipercaya dapat meningkatkan laju dan konsentrasi sperma, yang mana dapat mengatasi masalah kesuburan pria.

Pada salah satu penelitian pada 75 pasangan pria dari pasangan infertilitas menemukan bahwa mengonsumsi 200 mg pasak bumi per hari secara signifikan dapat meningkatkan konsentrasi dan laju sperma setelah 3 bulan konsumsi. Perawatan ini dapat membantu lebih dari 14% pasangan untuk memiliki momongan.

Seperti halnya penelitian selama 12 minggu pada 108 pria yang berusia antara 30-55 tahun memberikan 300 mg ekstrak pasak pumi setiap hari dan terbukti dapat meningkatkan volume dan gerakan sperma masing-masing sebanyak 18% dan 44%.

Menurut penelitian-penelitian tersebut, pasak bumi secara efektif dapat membantu ngatasi kadar testosteron yang rendah pada beberapa pria, meskipun penelitian lebih lanjut tentunya dibutuhkan.

  • Membantu Mengatasi Stres

Pasak bumi dapat membantu menurunkan hormon stres dalam tubuh, mengurangi kecemasan dan meningkatkan suasana hati.

Pada penelitian tahun 1999 identifikasi pertama kali mengenai kemungkinan peran pasak bumi terhadap gangguan suasana hati dan menemukan bahwa ekstrak pasak bumi dibandingkan dengan obat anti-lecemasan pada umumnya terbukti dapat mengurangi kecemasan pada tikus. Efek yang sama juga sudah terlihat pada manusia, meskipun penelitiannya masih sedikit.

Pada penelitian selama 1 bulan pada 63 orang dewasa dengan stres sedang menemukan bahwa menonsumsi 200 mg pasak bumi perhari dapat menurunkan kadar hormon stres cortisol pada air liur hingga 16%, dibandingkan mereka yang mengonsumsi placebo.

Partisipan juga dilaporkan mengalami penurunan kemarahan, tensi dan stres setelah merekla mengonsumsi pasak bumi. Meskipun hasilnya menjanjikan, namun penelitian lebih terhadap manusia tetap dibutuhkan.

  • Meningkatkan Komposisi Tubuh

Pasak bumi sering diklaim dapat meningkatkan performa atletik dan meningkatkan massa tulang. Hal ini dikarenakan senyawa yang dikandungnya yanhg disebut dengan quassinoids, meliputi eurycomaoside, eurycolactone, dan eurycomanone yang dapat membantu penggunaan energi tubuh secara efisien, mengurangi rasa lelah dan meningkatkan stamina.

Dengan kata lain, suplemen tersebut dapat berperan sebagai ergogenic aid, yang merupakan senyawa yang dapat meningaktkan performa fisik dan meningkatkan komposisi tubuh.

Penelitian kecil selama 5 minggu dengan melibatkan 14 pria yang tengah menjalani program training menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 100 mg ekstrak pasak bumi perhari mengalami peningkatan signifikan terahadap masa tubuhnya daripada mereka yang mengonsumsi placebo. Mereka juga mengalami penurunanlemak dari pada kelompok yang mengonsumsi placebo.

Selain itu, pada studi dengan durasi yang sama yang mekibatkan 25 orang dewasa aktif menemukan bahwa mengonsumsi 400mg ekstrak pasak bumi secara rutin secara signifikan dapat meningkatkan kekuatan otot dibandingkan mereka yang mengonsumsi placebo.

Namun, sebuah penelitian kecil pada mereka yang sering berseoeda mengamati bahwa minuman dengan kandungan pasak bumi di dalamnya tidak meningkatkan kinerja tubuh dari air biasa.

Pasak bumi atau tongkat ali merupakan suplemen herbal yang dapat membantu meningkatkan testosteron, kesuburan pria, gangguan kecemasan, performa atletik dan massa otot.

Hingga saat ini penelitian masih belum maksimal, namun jika Anda ingin merasakan manfaat dari pasak bumi ini, sebaiknya konsumsi dalam jumlah cukup dan sesuai kebutuhan.

source: https://www.healthline.com/nutrition/tongkat-ali-longjack-review

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!