Manfaat Peregangan untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Peregangan untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Peregangan untuk Kesehatan Jantung

acepherbal.com – Penelitian mengatakan bahwa melakukan peregangan pasif selama 12 minggu dapat meningkatkan aliran darah dan kesehatan jantung.

Mereka juga mengatakan bahwa pemanasan dapat mengurangi masalah sistem vascular seseorang dan mengurnagi resiko sepert serangan jantung dan stroke.

Para ahli juga mengatakan bahwa olahraga jenis aerobik, menurunkan berat badan dan juga menurunkan tekanan darah menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Hanya membutuhkan waktu 12 minggu untuk melakukan pemanasan pasif, dapat membantu sistem vascular dan meningkatkan aliran darah, berdasarkan penelitian terbaru.

Peneliti dari University of Milan menemukan bahwa mereka yang rutin melakukan pemanasan dapat meningkatkan aliran darh dan mencegah penyempitan pada arteri.

“Tekanan darah menurun, penyempitan arteri sentral dan perifer berkurang serta fungsi vascular meningkat setelah 12 minggu melakukan peregangan”, menurut penulis dari penelitian tersebut.

Mereka mencatat bahwa peregangan semacam ini dapat menigkatkan kesehatan jantung seseorag.

Peregangan pasif merupakan gaya peregangan yang dibantu dengan kekuatan eksternal baik itu dari seseorang maupun alat bantu yang sering digunakan untuk berolahraga.

Studi dan Manfaat Mengenai Peregangan

Para peneliti mengumpulkan 39 pria dan wanita kemudian membaginya menjadi 2 grup. Satu grup di instruksikan untuk melakukan pergangan kaki 5 kali seminggu selama 12 minggu dan kelompok lain tidak diperintahkan untuk melakukan peregangan apapun.

Mereka yang melakukan peregangan mengalamai kemuajuan yang terlihat pada sistem vaskular. Para ahli mengatakan bahwa kondisi ini memiliki implikasi untuk penyakit yang berkaitan dengan aliran darah seperti serangan jantung dan stroke.

“Pada penelitian oranng-orang Italia ini terlihat kemajuan signifikan yang dalam pelebarann lairan darah yang dianggap shebagai kemampuan arteri untk melebar sebagai respon terhadap peningkatan aliran darah.” Ucap Jonathan Myers, PhD seorang ilmuan peneliti kesehatan dan direktur dar Exercise Research Laboratory di Palo Alto Veterans Affairs Health Care System di California.

“Temuan baru dari penelitan ini adalah fungsi pembuluh darah yang cukup luar biasa yang hanya berasal dari melakukan peregangan pasif” lanjutnya.

Hal ini menunjukan bahwa mereka harus melakukan cara ini secara rutin terutama mereka yang memiliki gangguan pada pembuluh darah.

Peruahan positif pada fungsi setelah melakkan peregangan tidak sebesar mereka yang secara umum melakukan olahraga aerobik, namun studi lebih jauh dibutuhkan untuk menentukan mana yang lebih berpengaruh antara peregangan pasif dan aerobic.

Jika penelitian ini juga diterapkan pada orang dengan penyakit vaskular untuk melihat apakah jenis peregangan ini memang cocok dan dapat meningkatkan kesehatan pada pembuluh darah.

“Olahraga merupakan cara paling efektif untuk memastikan kesehatan arteri, tetapi juga banyak jenis olahraga yang paing banyak diteliti dan hanya berfokus pada lari, berjalan, bersepeda dan berenang. Penelitian ini dilakukan karena menunjukan manfaat yang hampir sama seperti olahraga non-kardio” ucap Dr. Nicole M. Weinberg, seorang ahli kardiologi di Providence Saint John’s Health Center di Santa Monica, California.

Bahaya Penyakit Kardiovaskular

Penyakit vascular merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi abnormal dari pembuluh darah arteri dan vena. Sistem vascular pada orang dewasa terdiri dari 100.000 mil pembuluh darah. Masalah yang terjadi dalam sistem ini dapat sangat serius menyebaban rasa sakit hingga kematian.

Stroke, penymbatan pembuluh darah dan serangan jantung dapat terjadi ketika aliran darah dipengaruhi oleh arteri yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik.

“Aliran darah yang baik dapat mengurangi tekanan darah dalam sistem, sehingga mencegah kerusakan dari dinding arteri. Berkurangnya aliran darah dikarenakan arteri yang tidak sesuai dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, yang dapat meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung.” Dr. Sanjiv Patel.

Cara Meningkatkan Kesehatan Arteri

Untuk mengalirkan darah lebih banyak ke seluruh tubuh, arteri tidak boleh menyempit . Jika arteri ini kehilangan kemampuannya untuk berkembang maka dapt memicu nyeri dada dan nyeri kaki terutama pada orang-orang dengan penyakit arteri peripheral.

Aerobic, menurunkan berat badan dan menjaga tekanan darah dapat membantu mengurangi kekakuan pada arteri.

Aplikasi dari peregangan ini relevan dengan kondisi pandemi saat ini. Rutin melakukan peregangan dan aktivitas fisik lainnya dapat menadi alternate pencegahan unuk penyakit jantung, stoke dan kondisi lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!