6 Pengobatan Rumahan Batu Ginjal

6 Pengobatan Rumahan Batu Ginjal

6 Pengobatan Rumahan Batu Ginjal

acepherbal.com – Batu ginjal merupakan endapan keras yang terbentuk di dalam ginal. Batu-batu ini akan berjalan ke kandung kemih ketika akan keluar dari tubuh dan mengakibatkan rasa sakit. Meskipun begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi batu ginjal di rumah.

Kebanyakan kasus batu ginjal dapat diatasi dengan pengobatan medis maupun terapi namun ternyata adda beberapa cara yang bisa menurunkan resiko untuk mengembangkan batu ginjal yang bisa dilakukan di rumah.

6 Pengobatan Rumahan Batu Ginjal

Sebelum mencoba pegobatan rumahan untuk batu ginjal, sangat penting untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada praktisi kesehatan. Terutama bagi Anda yang mempunyaki kondisi medis dan sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Juga, meskipun pengobatan-pengobatan ini dapat mengatasi batu ginjal dan mencegah ke kambuhannya, namun keberadaan batu ginjal tersebut akan tetap menyebabkan rasa sakit. Sehingga pengobatan rumahan yang akan kita bahas hari ini cocok sebagai pengobatan pendamping saja.

Air Putih

Minum air putih merupakan cara paling mudah untuk mengobati dan mencegah pembentukan batu ginjal, dimana dehidrasi merupakan penyebab utama dari kondisi ini. Kebanyakan ahli kesehatan menyarankan untuk minum air 6-8 gelas per hari unuk mencegah dehidrasi.

Air Lemon

Lemon mengandung asam sitrat, merupakan senywa yang membantu memecah endapan kalsium dan memperlambat perumbuhannya.

Studi silang pada tahun 2019 menemukan bahwa jus lemon tanpa gula merupakan cara peengobatan yang efektif untuk batu ginjal. Faktanya mengonsumsi jus lemon secara rutin dapat meningkatkan kadar asam sitrat secara efektif.

Sanga penting untuk memeriksa kandungan produk lemon ketika membelinya. Karena tak jarang produk-produk minuman banyak sekali yang mengandung banyak gula. Kandungan gula berlebih meingkatkan resiko pembentukan batu ginjal.

Membeli lemon segar menjadi pilihan terbaik untuk mencegah penggunaan gula tambahan yang dapat membuat resiko batu ginjal semakin tinggi. Selain lemon, jus melon dan jeruk juga sama-sama mengandung asam sitrat yang tinggi.

Cuka Apel

Cuka apel juga mengandung asam sitrat yang dapat membantu mengurangi pembentukan kalsium. Pada studi tahun 2019 yang melibatkan 9.000 orang menemukan bahwa mengonsumsi cuka apel memiliki penurunan resiko batu ginjal secara signifikan.

Namun, penelitian lebih jauh dibutuhkan untuk mengonirmasi manfaat dari cuka apel, terutama jika digunakan sebagai pengobatan alami batu ginjal.

Menjaga Berat Badan

Menurut penelitian tahun 2019 dari 146 orang yang batu ginjalnya kambuh, 43,8% diantaranya merupakan penderita obesitas atau berat badan berlebih.

Meskipun tidak ada hubungan sebab akibat, namun ada kaitan tertentu antara berat badan dan batu ginjal. Penulis dari penelitian tersebu percaya bahwa kondisi metabolik seseorang seperti kolesterol dan tekanan darah tinggi dapat berkontribusi terhadap pembentukan bau ginjal.

Menjaga berat badan dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan diet seimbang merupakan langkah penting untuk mencegah pembentukan batu ginjal.

Hindari Minuman Bersoda dan Berkafein

Minuman bersoda, kafein dan alkohon dapat meningkatkan resiko seseorang untuk mengembangkan batu ginjal.

Peneliti menjelaskan bahwa minuman berkafein dapat meningkatkan resiko batu ginjal, serta minuman bersoda mengadung pemanis buatan yang dapat mengakibatkan batu ginjal.

Selain minuman, makanan yang tinggi gula, garam dan lemak juga dikenal dapat meningkatkan resiko pembentukan batu ginjal.

Memenuhi Asupan Kalsium

Untuk orang-orang dengan batu kalsium oksalat, yang merupakan jenis batu ginjal yang paling umum. Sehingga memenuhi asupan kalsium harian sangat penting untuk mengelola resiko batu ginjal.

Sangat untuk mencatat bahwa mengonsumsi suplemen kalsium dapat meningkatkan resiko pembentukan batu ginjal sehingga sangat disarankan untuk mendapatkan asupan kalsium dari makanan seperti:

  • Produk susu
  • Kale
  • Brokoli
  • Gandum
  • Kol China
  • Ikan tulang lunak
  • Jus dan sereal kaya kalsium

Faktor Resiko Batu Ginjal

Menuru data terbaru dari National Health and Nutrition Examination Survey, sekitar 8,8% orang dewasa di Amerika Serikat memiliki batu ginjal.

Laki-laki lebih cenderung untuk mengebangkan batu ginjal daripada perempuan. Terutama, sekitar 10.6% laki-laki di Amerika Serikat mengalami batu ginjal dibandingkan wanita yang hanya memiliki persentase 7,1%.

Beberapa memperkirakan bahwa orang Afrika-Amerika dan Amerika Hispanik di laporkan memiliki resiko pembentukan batu ginjal yang lebih kecil.

Beberapa kondisi medis seperti penyakit penyakit ginjal dan penyakit Crohn juga dapat memicu batu ginjal.

Tak sedikit kasus yang mengharuskan penderita batu ginjal untuk melakukan operasi, namun dengan menerapkan pola hidup di atas Anda dapat mengontrol dan mencegah perkembangan batu ginjal agar kondisi ini tidak semakin parah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!