Ketahui Perbedaan Rheumatoid Arthritis dan Osteoarthritis

Ketahui Perbedaan Rheumatoid Arthritis dan Osteoarthritis

Ketahui Perbedaan Rheumatoid Arthritis dan Osteoarthritis

acepherbal.com – Arthritis merupakan istilah umum yang digunakan unuk menggmbarkan peradangan pada persendian. Namun artritis memiliki jenis yang berbeda termasuk Rheumaoid arthritis (RA) dan Osteoarthritis (OA).

Meskipun sama-sama menyerang persendian, namun kedua kondisi ini berbeda dimana RA merupakan kondisi autoimun sementara OA merupaka kondisi sendi degeneratif.

Ketahui Perbedaan Rheumatoid Arthritis dan Osteoarthritis

RA merupakan gangguan automun, yang berarti imun tubuh menyerang dirinya sendiri. Jika Anda memiliki RA, tubuh Anda mengartikan lapisan lembut di sekiar sendi Anda sebagai ancaman. Tubuh akan memngira bahwa lapisan tersebut serupa dengan virus ataupun bakteri lalu menyerangnya untuk melakukan pertahanan.

Serangan ini dapat mnyebabkan cairan terakumulasi didalam sendi. Selain bengkak, penumpukan cairan ini juga menyebabkan nyeri, kekakuan dan peradangan disekitar sendi.

OA merupakan bentuk yang paling umum dari arthritis dan merupakan gangguan sendi degeneratif. Ornag-orang dengan OA akan mengalami kerusakan tulang rawan yang menjadi bantal pada persendian mereka.

OA bukan merupkan proses autoimun seperti halnya RA, tetapi peradangan ringan juga dapat terjadi pada kondisi ini.

Faktor Resiko Rheumatoid Arthritis dan Osteoarthitis

Kedua jenis arthritis ini lebih umum diderita pada wanita dari pada laki-laki. RA dan OA ini biasanya terjadi pada orang dewasa tetapi RA dapat berkembang di semua usia.

RA juga dapat diturunkan dari keluarga yang memiliki keluhan serupa. Anda memiliki peluang besar untuk mengembangkan kondisi ini jika orang tua, anak ataupun saudara Anda memiliki kondisi yang sama.

Selain itu Anda akan cenderung mengembangkan penyakit ini jika:

  • Memiliki berat badan berlebih
  • Memiliki kelainan bentuk sendi
  • Memiliki diabetes
  • Menderita asam urat
  • Pernah mengalami cedera pada persendian

Persamaan dan Perbedaan Gejala Rheumatoid Arthritis dan Osteoarthritis

Kebanyakan gejala dari RA maupun OA memiliki kesamaan diantaranya:

  • Nyeri dan kekakuan pada seendi
  • Rentang gerak menjadi terbatas
  • Persendian terasa hangat dan lunak ketika disenttuh
  • Meningkatkannya intensitas salah satu gejala di pagi hari

Karakterisik dari Rheumatoid Arthritis

Setiap jenis arthritis memiliki gejala yang unik. RA merupakan penyakit sistemik yang berarti dapat menyerang seluruh tubuh termsuk paru-paru, jantung dan hati, tidak hanya persendian. Gejala awal dari RA ini termasuk:

  • Demam ringan terutama pada anak-anak
  • Nyeri otot
  • Kelelahan berlebih

Orang-orang dengan RA tahap lanjut biasanya akan timbul benjolan kerassa dibawah kulit dekat dengan persendian. Benjolan tersebut disebut dengan nodul rheumatoid yang biasanya memiliki tekstur yang lunak.

Karakteristik Osteoarthritis

Orang-orang dengan OA tidak akan mengalami semua gejala. Sifat degeneratif OA terbatas hanya pada persendian saja.

Anda kemungkinan akan memiliki benjolan di bawah kulit disekitar persendian namun akan memiliki nodul yang berbeda dengan RA. Orang-orang dengan OA cenderung mengembangkan taji tulang atau pertumbuhan tulang berlebih pada tepi sendi yang terkena OA.

Persendian yang Sering Terserang Rheumatoid Arthritis dan Osteoarthritis

RA dan OA kemungkinan dapat menyerang sendi yang berbeda:

  • Persendian yang sering terserang RA

RA biasanya mulai menyerang pada sendi yang lebih kecil. Anda kemungkinan akan mengalami nyeri, kekakuan dan pembengkakan pada sendi jari-jari tangan. Ketika RA berkembang, gejalanya juga berkembang lebih jauh dan menyerang area lain seperti lutut, bahu dan pergelangan kaki.

RA merupakan penyakit simetris yang berarti Anda akan mengalami gejala pada kedua sisi tubuh dalam waktu yang bersamaan.

  • Persendian yang Sering Terserang OA

OA merupakan penyakit yang kurang simetris. Misalnya Anda kemungkinan akan mengalami nyeri pada kedua lutut kanan dan kiri. Namun satu bagian akan mengalami gejala yang lebih buruk.

OA seperti halnya RA, sering menyerang tangan dan jari angan. Selain lutut, OA sering menyerang tulang belakang dan pinggul.

Sebetulnya tidak ada obat tertentu untuk menyembuhkan RA dan OA. Namun pengobatan yang tersedia dapat membantu mengatasi gejala dari kedua kondisi ini.

Melakukan pemeriksaan menyeluruh sangat disarankan agar Anda mendapatkan pengobatan yang tepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!