8 Tips untuk Menjalankan Pola Makan Sehat

8 Tips untuk Menjalankan Pola Makan Sehat

acepherbal.com – Kunci untuk dari diet sehat adalah makan dalam jumlah kalori yang tepat. Tentunya harus diseimbangkan dengan seberapa aktif Anda sehingga energi yang di dapat dan digunakan dapat seimbang.

Jika Anda makan atau minum lebih dari yang dibutuhkan tubuh, maka resiko naiknya berat badan semakin tinggi karena energi yang tidak digunakan akan disimpan oleh tubuh sebaga lemak.

Anda juga harus mengonsumsi berbagai makanan untuk memastikan mendapatkan makanan seimbang dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Pria direkomendasikan untuk memiliki sekitar 2.500 kalori per harinya. Sementara wanita direkomendasikan untuk mendpatkan 2.000 kalori perr harinya.

8 Tips untuk Menjalankan Pola Makan Sehat

  1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat Karbohidrat

Karbohidrat tepung harus mencakup sepertiga dari makanan yang Anda makan, diantaranya kentang, roti, nasi, pasta dan sereal.

Untuk serat, pilihlah makanan yang sudah jelas memiliki kandungan serat yang tinggi seperti gandum, beras merah dan kentang.

Makanan-makanan tersebit mengandung serat yang lebih banyak dibandingkan olahan lainnya sehingga dapat membantu Anda kenyang lebih lama.

Cobalah untuk mengonsumsi 1 jenis serat karbohidrat setiap Anda makan. Namun harus diingat penggunaan lemak ketika Anda memasak karena dapat meningatkan kalori, misalnya saja minyak pada makanan yang di gireng, mentega pada rotin dan saus krim pada pasta.

  1. Makan Sayur dan Buah lebih Banyak

Bagi Anda yang ingin menjaga pola makan sehat, dianjurkan untuk mengnsumsi setidaknya 5 variasi buah dan sayr setiap harinya.

Tidak harus selalu dalam keadaan segar, buah dan sayur ini juga dapat dikonsumsi dalam keadaan beku, kalengan, kering maupun jus.

  1. Meningkatkan Asupan Konsumsi Ikan

Ikan merupakn sumber protein terbaik juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Usahkan untuk mengonsumsi 2 prosi ikan seiap minggunya.

Jenis ikan berlemak juga baik untuk kesehatan, misalnya ikan salmon, rout, herring, sarden, pilchard dan makarel.

Kondisi ikan yang masih segar tentunya lebih baik dibandingkan ikan yang sudah dikemas terutama ikan kalengan.

  1. Mengurangi Konsumsi Gula dan Lemak

Ada dua jenis lemak yakni lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Rekomendasi asupan lemak jenuh untuk pria adalah 30 gram sementara untuk wanita adalah 20 gram.

Mengonsumsi lemak jenuh terlalu banyak dapat memicu penumpukan kolesterol di pembuluh darah dan meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Selain lemak, asupan gula juga harus dikurangi baik dari makanan maupun minuman. Mengonsmsi gula tinggi dimana di dalamnya terdapat energy tinggi sehingga dapat memicu bertambahnya berat badan dan kerusakan gigi.

Mengganti gula dengan madu bisa menjadi alternative terbaik untuk tetap aman mengonsumsi makanan dan minuman yang manis.

  1. Konsumsi Makanan Rendah Garam

Mengonsumsi makanan tinggi garam dapat meningkatkan tekanan darah. Orang-orang dengan tekanan darah tinggi lebih memungkinkan untuk menderita penyakit jantung dan stroke.

Pada makanan yang kita konsumsi misalnya saja seral, sup, roti dan saus sudah mengandung sepertiga garam.

Orang dewasa dan anak-anak usia 11 tahun tidak disarankan untuk mengonsumsi garam lebih dari 6 gram per hari. Sementara anak-anak disaranakn untuk mengonsumsi garam kurang dari 6 gram per hari.

  1. Aktif Secara Fisik

Selain pola makan yang dijaga, rajin olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan secara maksimal. Berat badan berlebih dan obesitas dapat memicu gangguan kesehatan lain seperti diabetes, kanker, penyakit jantung dan stroke.

Tak hanya mendapatkan tubuh yang sehat, rajin olahraga juga bisa membantu tubuh medapatkan berat badan yang maksimal.

  1. Penuhi Asupan Cairan

Tubuh membutuhkan cairan agar tetap terhidrasi. Para ahli serig merekomendasikan untuk minum 8 gelas air setiap hari.

Namun air ini tidak hanya bisa di dapatkan dari air putih saja. Makanan, susu rendah lemak termasuk kopi dan teh. Namun hindari untuk minum minuman yang tinggi gula untuk menghindari resiko gangguan kesehatan lainnya.

  1. Jangan Lewatkan Sarapan

Beberapa orang berpikir bahwa melewatkan sarapan dapat membanu menurunkan berat badan. Namun faktanya sarapan terutama sarapan sehat dengan rendah gula dan garam sangat disarankan untuk terhindar dari resiko kesehatan.

Itulah beberapa makanan yang sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menjalani pola makan sehat.

Ditengah pandemic saat ini, menjaga asupan makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sangatlah penting untuk mencegah infeksi virus.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!