Benarkah Sinusitis Dapat Menyebabkan sakit Gigi? Berikut Penjelasannya

Benarkah Sinusitis Dapat Menyebabkan sakit Gigi? Berikut Penjelasannya

Benarkah Sinusitis Dapat Menyebabkan sakit Gigi? Berikut Penjelasannya

acepherbal.com – Infeksi sinus atau sinusitis terjadi ketika virus atau bakteri menginfeksi lapisan sinus. Kondisi ini menyebabkan gejala yang tidak nyaman termasuk wajah terasa tertekan dan nyeri, hidung berair, sakit kepala dan terkadang menyebabkan sakit gigi.

Benarkah Sinusitis Dapat Menyebabkan sakit Gigi? Berikut Penjelasannya

Sinus merupakan rongga yang di dalamnya diisi dengan udara. Rambut halus yang disebut dengan silia juga melapisi sinus ini. Rambut silia membantu memindahkan udara, lendir, dan bakteri atau virus untuk melalui penyaringan.

Sinus tersebut memberikan rute untuk udara agar berjalan dan menghangatkan udara yang masuk melalui hidung.

Sinus memiliki beberapa jenis, diantaranya:

  • Sinus frontal, merupakan sinus berpasangan yang berada di tulang frontal yang membentuk tulang dahi.
  • Sinus sphenoid, merupakan satu-satunya sinus yang tiidak berpasangan dan terletak di bagian dalam tengkorak dekat dengan saraf optik dan kelenjar pituitari di otak.
  • Sinus ethmoid, merupakan kumpulan sel udara berada di tulang ethmoid diantara mata dan atas hidung. Tulang ini memisahkan rongga hidung dari otak.
  • Sinus maksilaris, sinus besar berpasangan ini berada di tulang pipi di kedua sisi hidung. Keduanya membentuk piramida dan merupakan sinus terbesar di bagian kepala kita.

Tanpa keberadaan sinus, kepala seseorang akan terasa lebih berat. Sinus ini juga dapat membantu membendakan suara seseorang, karena suara mereka beresonansi atau berubah dengan getaran udara yang ada di sinus.

Dapatkah Infeksi Sinus Menyebabkan Sakit Gigi?

Infeksi sinus dapat menyebabkan sakit gigi. Menurut artikel lama dalam British Dental Journal, Infeksi sinus paling umum dan menyebabkan sakit gigi adalah infeksi yang menyerang sinus maksilaris.

Sinus, gigi dan gusi membagi syaraf yang sama dan dapat menngirimkan sinyal nyeri. Peradangan akibat infeksi sinus atau nyeri gigi dapat menekan saraf tersebut dan menyebabkan rasa sakit.

Bisakah Infeksi Gigi Menyebabkan Infeksi Sinus?

Infeksi gigi ternyata juga dapat menyebabkan infeksi sinus. Bukti tinjauan dari tahun 2012 memperkirakan sebanyak 40% infeksi sinus maksilaris yang kronis disebabkan oleh infeksi gigi.

Karena bagian gigi bekajang dekat dengan sinus maksilaris, maka organisme penyebab infeksi gigi dapat menular dan dapat masuk ke rongga sinus.

Seseorang dengan jenis infeksi ini akan mengalami gejala infeksi sinus maksilaris. Mereka juga dapat mengalami faktor resiko yang berhubungan dengan sakit gigi diantaranya:

  • Riwayat sakit gigi atau rahang
  • Riwayat infeksi gigi yang kambuh
  • Riwayat operasi endodontik, mulut atau periodontal terutama pencabutan gigi.

Sakit Gigi Akibat Sinus vs. Sakit Gigi pada Umumnya

Infeksi Sinus dapat menyebabkan:

  • Gangguan pada indera penciuman seseorang
  • Gangguan salah satu sisi saluran napas atau hidung tersumbat
  • Hidung berair, biasanya hanya satu sisi hidung saja

Gejalanya mungkin dapat berbeda dari sinusitis dan dapat mengindikasikan masalah gigi lainnya termasuk:

  • Sakit gigi ketika mengonsumsi makanan dengan temperatur yang berubah-ubah, seperti ketika makan atau minum yang hangat atau dingin
  • Pembengkakan di wajah
  • Pembengkakan di gusi yang dekat dengan gigi
  • Sakit gigi di dekat gigi yang telah di perbaiki

Gejala Lain Sinusitis

Seseorang dengan sinusitis biasanya akan memiliki riwayat infeksi saluran pernapasan atas, misalnya saja flu. Mereka akan mulai sembuh dari flu dan kemudian mengalami gejala sinusitis. Gejala-gejala ini diantaranya:

  • Keluarnya cairan dari hidung
  • Nyeri Wajah
  • Hidung tersumbat

Beberapa orang akan mengalami sinusitis kronis dikarenakan sinus tidak kering dengan baik. Gejalanya dapat bertahan hingga 8-12 minggu. Mereka yang memiliki sinusitis kronis kecil kemungkinannya untuk mengalami sakit gigi atau sakit wajah dari pada mereka yang mengalami sinusitis akut.

Sakit gigi dapat menjadi gejala dari infeksi sinus akut. Namun, infeksi gigi juga dapat berubah menjadi infeksi sinus.

Karena itu, Anda tidak boleh menyepelekan gejala tersebut terutama jika gejala ini dirasakan selama beberapa hari atau bahkan lebih buruk setiap harinya.

Pemeriksaan dibutuhkan untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat.

source : https://www.medicalnewstoday.com/articles/sinus-infection-tooth-pain

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!