Stres Akibat Pandemi Bikin Insomnia? 5 Tips Berikut Bisa Membuat Kualitas Tidurmu Lebih Baik

Stres Akibat Pandemi Bikin Insomnia? 5 Tips Berikut Bisa Membuat Kualitas Tidurmu Lebih Baik

acepherbal.com – Kualitas tidur yang baik merupakan hal terpenting untuk kesehatan otak dan tubuh. Namun karena pandemi Covid-19 belum berakhir, tak jarang membuat kita merasa cemas dan khawatir yang mana perasaan tersebut dapat memengaruhi kualitas tidur Anda.

Dikutip dari laman healthline seorang ahli neuropsikologi senior bernama Brittany LeMonda dari Lenox Hill Hospital di New York City mengatakan:

“Kita semua tahu bahwa tidur berkaian langsung dengan kekebalan tubuh dalam hal respon fisiologis dalam tubuh kita: Jika kita tidak tidur denga baik maka sistem imun akan menurun, sehingga tubuh akan meningkatkan inflamasi yang mana kita ketahui bahwa hal ini dapat menyebabkan tubuh lebih rentan terhadap berbagai infksi virus atau apapun yang ada di sekitar kita.”

Dengan kata lain, kualitas tidur memainkan peran langsung pada kemampuan tubuh untuk membuat pertahanan tubuh terhadap infeksi Covid-19.

Sehingga selain protokol kesehatan diantaranya mencuci tangan, menggunakan masker dan social distancing, meningkatkan kualitas tidur juga sangat disarankan agar tubuh tetap sehat dan fit.

Stres Akibat Pandemi Bikin Insomnia? 5 Tips Berikut Bisa Membuat Kualitas Tidurmu Lebih Baik

  • Melakukan Rutinitas Sehari-hari

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa semenjak pandemi kehidupan sehari-hari menjadi berubah drastis, meski begitu sebisa mungkin kita harus tetap beraktivitas seperti biasa. Begitu pula hingga saat ini masih banyak orang yang bekerja maupun beraktivitas di rumah.

Walaupun di rumah bukan berarti Anda tidak bisa beraktiviitas. Melakukan aktivitas secara normal dari mulai bangun pagi, berpakaian rapi seperti halnya akan berangkat kerja dan memulai aktivitas bekerja di rumah bisa menjadi alternatif bagi Anda agar tidak terlalu stres. Dengan begitu sensasi kehidupan normal akan tetap Anda rasakan walaupun hanya di dalam rumah.

  • Jangan Tidur Siang Berlebihan

Selama self-quarantine atau kerja di rumah mungkin Anda lebih banyak menghabiskan waktu di kamar tidur atau rebahan di sofa. Tentunya hal tersebut sangat memungkinkan Anda untuk lebih sering mengantuk dan tertidur.

Membenahi waktu tidur siang agar tidak tidur berlebihan tentunya memberikan Anda peluang yang lebih besar untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik di malam hari.

  • Olahraga

Tempat gym kemungkinan ada yang masih belum beroperasi ya, namun olahraga tidak boleh tertinggal. Melakukan olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah tentunya menjadi pilihan terbaik agar tubuh tetap bugar. Hanya saja, jangan berolahraga berdekatan dengan waktu tidur ya, karena stimulasi fisik setelah olahraga dapat membuat seseorang lebih sulit untuk tidur.

  • Memilah Sumber Informasi dan Berita

Walaupun sudah berbulan-bulan lamanya, berita mengenai pandemi ini belum usai juga. Karena sangat mustahil untuk menghentikan arus berita tersebut, cara terbaik agar tidak stres adalah menghindari berita yang beredar baik dari media internet maupun televisi.

Memilah sumber berita terpercaya dan akurat juga membatasi waktu untuk membaca berita tersebut juga sangatlah disarankan.

  • Kurangi Penggunaan Gadget Diwaktu Tidur

Internet telah terbukti menjadi alat terbaik sebagai media komunikasi dan hiburan selama pandemi ini. Namun terlalu lama menatap layar gadget dapat menyulitkan Anda untuk tertidur. Daripada bermain gadget, sangat disarankan untuk membaca buku atau mendengarkan musik sebagai hiburan alternatif sebelum tidur.

Stres tidak hanya memengaruhi kondisi mental tetapi juga berdampak pada kondisi kesehatan secara fisik, begitu pula pada daya tahan tubuh. Kondisi tubuh yang fit dengan daya tahan tubuh kuat tentunya menjadi benteng pertahanan terhadap infeksi Covid-19. Tak lupa untuk memerhatikan asupan makanan dan pola hidup juga menjadi komponen penting untuk membangun kehatan yang optimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Konten dilindungi !!