Kesehatan
Kenali Manfaat Lengkap Jahe, dari Mulai Turunkan Gula hingga Lemak Tubuh

Siapa yang tidak mengenal jahe ? Herbal satu ini tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan masakan tapi juga bisa digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Kemampuannya dipercaya bisa untuk mengurangi gejala diabetes lho !

Mengenal Manfaat Jahe untuk Penderita Diabetes

Selain memiliki rasa yang pedas jahe juga kerap digunakan untuk menghangatkan tubuh. 

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Penderita diabetes rentan mengalami hiperglikemia atau kondisi dengan jumlah gula darah dalam tubuh terlalu tinggi.

Baiknya Jahe memiliki zat utama yaitu Gingerol yang berfungsi untuk menghambat kerja enzim yang bertugas mengubah karbohidrat menjadi glukosa dalam tubuh. Saat enzim ini terhambat maka semakin sedikit karbohidrat yang dipecah. Akibatnya kadar gula darah bisa menurun.

Saat insulin meningkat juga akan banyak gula yang dipakai oleh sel tubuh sehingga membantu gula dalam darah menurun. 

2. Bantu Tingkatkan Jumlah Insulin 

Gingerol dalam jahe juga bisa membersihkan glukosa pada jaringan yang responsif terhadap insulin.

Saat glukosa di bagian ini dibersihan maka insulin dilepaskan akan lebih banyak. Dengan demikian, sensitivitas insulin bisa meningkat dan jumlah dalam darah pun meningkat.

Seperti yang kita tahu, insulin memiliki peranan penting dalam regulasi gula darah dalam tubuh. Saat jumlah insulin berkurang, maka glukosa akan sulit diserap oleh sel dan menumpuk dalam darah. 

3. Menurunkan Massa Lemak

Di beberapa penelitian menyebutkan mereka yang memiliki massa lemak tinggi bisa mudah terkena pradiabetes atau diabetes itu sendiri.

Hati hati dengan jumlah lemak tubuh yang terallu banyak, metabolisme tubuh bisa jadi tidak normal dan menyebabkan beberapa keluhan kesehatan sperti resistensi insulin, prediabetes, disfungsi sel beta dan diabetes mellitus tipe 2. Jahe juga bisa membantu mengurangi lemak yang diserap oleh tubuh. Kandungan lain seperi zingerone dan shogaol bisa membuat proses penyimpanan lemak jadi sulit. Dengan begitu massa lemak dalam tubuh bisa berkurang.

Lalu bagaimana cara menggunakan jahe untuk mengurangi lemak ? Konsumsi jahe secara utuh dan jumlah wajar minimal 4gram per hari.